Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » 3 Cara Menidurkan Bayi Anda

3 Cara Menidurkan Bayi Anda

buahhati.co.id. Seorang bayi tentu memiliki keunikan-keunikan sendiri disetiap masa pertumbuhannya. Seperti salah satunya saat sang bayi tidur. Tidurnya seorang bayi, tidak bisa seperti anak berumur 5-10 tahun yang dimana orang tua tinggal menyuruh anak untuk tidur. Tapi perlu cara-cara tertentu yang dimana memerlukan tekhnik agar sang anak bisa terlelap dalam tidurnya.  Dan kadang tidak semua bayi bisa dengan 1 cara/metode yang sama dengan bayi lainnya. Karena seperti yang kami tulis diawal bahwa masing-masing anak punya keunikan sendiri untuk bisa tidur.

3 Cara Menidurkan Bayi Anda

Nah disini akan kami beritahu 3 cara menidurkan bayi anda agar bisa tidur dengan nyaman dan lelap. Berikut ulasannya :

1. Cara Self Soothing

Dengan cara Self soothing, anda membiarkan anak anda untuk tidur dengan sendirinya dengan cara membuat sang anak tidur dijadwal tidurnya dan juga menenangkan anak serta menidurkannya secara verbal atau dengan menggunakan suara anda.

Cara ini bisa didukung dengan membuat pencahayaan ruangan yang redup, atau memandikan sang bayi dengan air hangat sehingga sang bayi pun bisa rileks dan anda pun lebih mudah untuk menidurkan sang anak kerenaanak jadi lebih rileks dan tenang. Kunci dari cara ini adalah menenangkan sang anak dengan suara anda. Sehingga saat anak terbangun pun anak anda akan tetap tenang jika medengar suara anda.  Cara ini kira-kira membutuhkan 1 minggu untuk bisa membiasakan anak untuk menggunakan cara ini sebagai cara agar sang anak bisa tidur.

2. Metode/cara No Cry

Metode atau cara No Cry adalah cara menidurkan sang anak dengan kedekatan kontak fisik dengan orang tua. Cara ini sangatlah cocok untuk anda yang tidak ingin bayi anda menangis pada malam hari dan juga tidak masalah bangun sepanjang malam apabila sang anak terbangun.

Metode ini menitik beratkan kepada kontak fisik kepada anak sehingga anak pun bisa tidur dengan nyenayak. dan anda pun harus menjaga sepanjang malam sehingga anda pun bisa lebih dekat dengan sang bayi. Apabila sang bayi terbangun. ANda pun bisa memberikan sang anak asi hingga akhirnya sang bayi pun tertidur dengan sendirinnya.

Tapi ingat, metode ini harus benar-benar diperhatikan seperti dimana anda tidur. Karena sang anak pun akan berada dalam kondisi bahaya karena tidur dengan satu ranjang dengan anda Jadi sebaiknya anda pun berhati-hati saat menidurkan anak dengan metode ini.

3. Cara Frebizing

Cara / metode ini menitikberatkan sang anak untuk membiarkannya menangis hingga akhirnya sang anak pun tertidur. dengan mengetahui jam tidur anak. Cara ini sangat ampuh untuk digunakan menidurkan si bayi. Walau memang banyak orang tua yang tidak ingin menggunakan metode ini karena akan membuat sang anak semakin keras menangis.

Untuk anda yang ingin menggunakan metode ini, sebaiknya anda merutinkan di malam hari sehingga sang anak pun bisa lebih tenang dan bisa membuat sang anak mengetahui jam tidurnya telah datang.

Cara untuk menerapkan metode menidurkan anak ini adalah. Pertama, ketika bayi menangis dibiarkan hingga 5 menit. Kemudian biarkan sang bayi mengdengan suara lembu anda tanpa menggendongnya. Pada malam berikutnya, anda daapat memberi jeda 10 menit hingga bertahap 15 mnit di malam selanjtnya.

Ingat, dengan metode ini anda pun sebagai orang tua harus peka terhadap penyebab sang anak nangis. Sehingga anda pun tau apa penyebab menangis dan bisa menidurkan di jam yang tepat.

Itulah 3 cara menidurkan bayi anda. Semoga bermanfaat untuk bayi anda dan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top