Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Apakah Bayi Bisa Berjerawat?

Apakah Bayi Bisa Berjerawat?

Buahhati.co.id. Untuk beberapa kasus, seorang anak bayi bisa saja mengalami yang namanya berjerawat. Biasanya jerawat ini ditemui pada wajah bayi yang baru saja ataupun beberapa hari setelah melewati masa persalinan. Umumnya, jerawat ini muncul ketika bayi berusia antara 3-4 minggu setelah persalinan dan sering ditemukan di daerah wajah seperti pipi, dahi dan dagu. Tapi tidak menutup kemungkinan jerawat ini muncul pada daerah tubuh lainnya seperti pada daerah punggung bayi.

Apakah Bayi Bisa Berjerawat

Penyebab munculnya jerawat ini biasanya dikarenakan adanya gangguan hormon pada ibu yang kemudian ditularkan kepada bayi saat di dalam kandungan. Hormon ini akan merangsang kelenjar minyak di dalam tubuh bayi sehingga membuat tubuh bayi pun menghasilkan minyak yang berlebih. Timbulnya minyak yang berlebih inilah yang memunculkan bintik-bintik merah pada kulit bayi atau biasa disebut jerawat bayi. Jerawat bayi ini dikenal dengan istilah kedokteran yaitu  acne neontorum.

Anda tidak perlu khawatir jika anak anda mengalami jerawat ini, karena normalnya. Beberapa hari atau paling lama dalam beberapa minggu jerawat akan hilang pada bayi anda tanpa meninggalkan bekas. DAlam kasus yang lain, jika anak anda mengalami jerawat tapi disertai dengan diare atau kolik. Anda harus memeriksakan kedokter karena bisa saja itu merupakan sebuah akibat dari alergi pada jenis makanan tertentu. Sedangkan jika timbul jerawat akan tetapi jerawat tersebut berair. Mungkin ini dipengaruhi oleh kulit bayi anda yang sensitif pada alat kosmetik seperti bedak ataupun alat kosmetik bayi lainnya.

Nah jika anak anda mengalami jerawat, Anda bisa mengikuti tips kami berikut ini untuk mengatasi jerawat bayi :

1. Jangan sentuh Jerawat pada bayi

Sama seperti orang dewasa. Jerawat ini jangan sekali anda sentuh apalagi hingga memencet dan mengeluarkan isinya. Karena ini bisa membuat bayi anda mengalami infeksi dan beresiko radang dan tentu saja bisa membuat kondisi anak anda semakin parah. Jadi hindari menyentuh jerawat anak anda.

2. Jaga Kebersihan anak anda

Menjagq kebersihan bayi anda adalah hal yang sangat penting jika bayi anda mengalami jerawat bayi. Gunakan sabun bayi serta handuk yang lembut untuk mengeringkan bayi agar mencegah sang anak mengalami lecet pada tubunya.

3.  Jangan mengolesi apapun pada Jerawat bayi

Biasanya banyak para bunda yang coba-coba memberikan sesuatu pada jerawat bayi. Seperti cream, lotion, ataupun baby oil. Padahal ini tidak sangat dianjurkan karena bisa saja membuat sang anak menjadi iritiasi pada jerawat bayi. Jalan terbaik adalah dengan mengkonsultasikan kedokter anda dan minta resep lotion untuk anak anda.

Itulah beberapa yang bisa kami informasikan tentang jerawat pada bayi. Semoga bermanfaat untuk bunda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top