Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Bagaimana Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Bagaimana Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Tips Bagaimana Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Siapa orang tua yang tidak senang dan bangga jika memiliki anak yang rajin belajar dan tentunya berperestasi di sekolah? Setiap orang tua pasti mendambakan hal tersebut. Pastinya sering menjadi pertanyaan di benak para orang tua bagaimana cara memotivasi anak agar rajin belajar?

Setiap anak tentunya memiliki perbedaan dalam proses belajar mereka dan juga memiliki perbedaan tentang kesukaan mereka pada aktivitas yang satu ini yaitu belajar. Bagi para orang tua yang memiliki anak yang sulit untuk belajar berikut merupakan tips membuat anak termotivasi untuk belajar yang kiranya bisa anda praktekkan.

Bagaimana Cara Memotivasi Anak Agar Rajin BelajarBerikan Hadiah untuk Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar

Anda bisa memberikan sebuah hadiah atau award bagi buah hati anda ketika mereka melakukan sesuatu yang baik ketika mereka berada di rumah maupun di luar rumah seperti sekolah. Memberikan penghargaan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi anak untuk melakukan hal baik itu lagi.

Anda bisa membuat kesepakatan kecil dengan si anak misalnya saja anda akan memberikan dia sebuah hadiah jika dia mau belajar paling tidak 2 jam per hari. Sebenarnya hadiah ini juga tidak perlu berupa benda, anda bisa memberikan pujian-pujian untu anak anda dan perhatian lebih agar dia merasa percaya diri dan termotivasi.

Beri Perhatian Lebih agar Anak Rajin Belajar

Ketika anak sudah mulai duduk di depan meja belajarnya anda sebagi orang tua jangan sekali-kali untuk melepasnya begitu saja. Hampiri dia dan tanya apakah anak anda menemui kesulitan dalam belajarnya. Sepatutnya sebagai orang tua anda perlu menemani anak dalam belajar agar anak merasa mendapat perhatian dan semakin bersemangat dalam belajar. Beri pujian-pujian ketika dia berhasil memecahkan masalah atau selesai mengerjakan tugasnya dengan begitu anak akan merasa senang untuk melakukan kegiatan tersebut.

Anda juga boleh memberikan kudapan lezat untuk teman belajar si anak agar si anak merasa diperhatikan dan belajarpun menjadi terasa menyenangkan. Demikian tips bagaimana cara memotivasi anak agar rajin belajar, semoga dapat membantu anda sebagai orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top