Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Aktif

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Aktif

Dua Cara

Buahhati.co.id. Orang tua mana yang tidak senang jika melihat anaknya bergerak lincah dan aktif ke sana kemari? Lucu dan menggemaskan bukan? Tapi, tidak bisa dipungkiri juga, jika memiliki anak yang terlalu aktif terkadang terasa memusingkan dan juga menjengkelkan. Bagaimana cara mengatasi anak yang aktif? Salah satunya adalah dengan mengontrol mereka namun tetap tidak boleh mengekang kebebasan mereka.

Beberapa ahli mengatakan kalau anak yang aktif bisa disebabkan Karena gangguan pada sistem sarafnya, sehingga bantuan dokter diperlukan untuk mengatasinya. Namun, dokter saja tidak cukup, tapi sebagai orang tua, kita bisa mengontrol anak yang aktif dengan berbagai macam cara yang sederhana.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Aktif Secara Sederhana Menurut Boldsky

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Aktif

Cara pertama menurut Boldsky (7/12/2013) adalah dengan memberikan kasih sayang yang lebih kepada anak. Jika anak sudah susah untuk diatur dan tidak mood, kita bisa memberikan mereka pelukan hangat agar mereka tau kita menyayangi mereka.

Kedua adalah dengan mendengarkan mereka. Jika anak sudah mulai berbicara tandanya mereka sedang mengeluarkan isi hati mereka, maka dengarkan dan ajak mereka bicara pelan-pelan setelah tenang.

Ketiga adalah dengan mengalihkan perhatian mereka entah dengan teman baru maupun dengan binatang peliharaan. Keempat, saat mendiamkan mereka, jangan memarahinya, tapi secara pelan-pelan dan setelah terkendali, baru diajak bicara dari hati ke hati. Terakhir adalah dengan mengajari mereka kesabaran.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Aktif Secara Efisien

Penanganan secara efisien ini didasarkan pada penelitian Bryan Lask terhadap anak-anak yang menderita sindroma hiperkinetik. Maka sebaiknya jangan merubah perilaku tersebut, karena jika kita merubah perilaku anak, maka bisa mengakibatkan hal yang tidak baik. Justru kita harus menemukan wadah yang aman dan tepat untuk menampung energi yang berlebihan itu, misalkan saja menempatkannya pada klub-klub olahraga jika ada, atau sejenisnya yang berguna bagi sifatnya itu.

Untuk hukuman, sebaiknya diberikan jika melanggar aturan secara terus menerus., tapi aturannya harus disesuaikan dengan batas kemampuan anak. Selain itu, kita juga harus menekan, misalnya tidak boleh memecahkan barang, memukul dan lainnya. Pada dasarnya, kunci bagaimana cara mengatasi anak yang aktif adalah kesabaran dan ketelatenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top