Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Cengeng

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Cengeng

Tips Bagaimana

Buahhati.co.id. Setiap orang tua tentunya memiliki angan bahwa sang buah hati adalah seorang yang kuat, pemberani dan tidak cengeng. Tidaklah mudah mendidik anak sesuai dengan angan orang tuanya. Butuh kesabaran dan kasih sayang. Banyak juga orang tua yang merasa repot saat menghadapi buah hatinya yang cengeng. Berikut ini tips .

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng Dengan Metode Kasih Sayang

Memberikan sentuhan kasih sayang kepada anak merupakan senjata yang ampuh untuk mengatasi cara cengengnya. Berikan sentuhan dan belaian di kepala dan bahu saat berbicara, lakukan pendekatan kepada anak untuk mengetahui apa isi perasaan dan kecemasannya. Membangun kedekatan emosional dengan sang ayah. Sang ayah haruslah menjadi sosok panutan yang tangguh sehingga anak pun dapat mencontoh dan menjadikan ayahnya sebagai figur yang baik.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Cengeng

Tak hanya seorang ayah saja yang memiliki peran, seorang ibu juga memiliki peran besar dalam mendidik anak. Kelembutan seorang ibu mampu memberikan rasa aman pada anak. Melatih anak untuk dapat mengendalikan emosinya dengan cara mengajarinya bagaimana cara untuk sabar, mengendalikan rasa marah, bersikap berani, tangguh dan tidak mudah untuk menangis.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng Dengan Didikan Mandiri

Melatih anak untuk bersikap mandiri merupakan salah satu cara membentuk kepribadiannya yang kuat, tanggung dan tak cengeng. Orang tua harus memberikan rasa kepercayaan kepada buah hati anda. Yakinkan pada dirinya bahwa dia mampu melakukan sesuatu hal tanpa menyimpang dari hal yang buruk. Tanamkan rasa percaya diri dan tanggung dalam dirinya agar tidak mudah menyerah lalu menjadi cengeng.

Jangan membentuk pola didikan over protective pada anak ataupun memanjakan anak terlalu berlebihan, dengan memberikan semua yang di minta apapun itu oleh anak. Hal inilah menjadikan anak merasa tertekan dan lemah serta berefek negatif terhadap anak. Berikan kepercayaan kepada anak anda tetapi harus tetap di bawah pengawasan dan kontrol orang tua. Nah, itulah tips – tips bagaimana cara mengatasi anak yang cengeng agar menjadi tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top