Info Buah Hati
You are here: Home » Psikologi » Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Konsentrasi

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Konsentrasi

Metode Jitu

Buahhati.co.id. Anak anda kurang konsentrasi? Anak yang memiliki kurang konsentrasi dalam belajar ataupun dalam melakukan sesuatu hal, tentunya menjadi hal yang sangat dicemaskan orang tua dalam berkembangnya ke depan nanti. Masalah ini merupakan masalah yang cukup banyak dialami oleh orang tua.

Banyak orang tua yang takut akan perkembangan anak yang kurang berkonsentrasi ini. Konsentrasi dan fokus terhadap sesuatu dapat dilatih dan diterapkan kepada anak. Berikut ini akan disuguhkan metode jitu bagaimana cara mengatasi anak yang kurang konsentrasi.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Konsentrasi

Metode Awal Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Konsentrasi

Sebagai tahap awalnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi biang dari kurangnya konsentrasi anak terhadap belajar ataupun kegiatan yang dia lakukan. Alasan merupakan akar dari masalah. Sehingga ketika sudah diketahui alasannya maka akan lebih mempermudah menyelesaikan masalah ini dengan mencari penanganan yang tepat.

Berikan tempat yang tenang, aman dan nyaman, sehingga anak dapat fokus dan berkonsentrasi terhadap apa yang dikerjakan. Setelah anak berhasil untuk konsentrasi tunjukkan rasa menghargai dan bangga anda dengan memberikannya pujian ataupun hadiah padanya.

Metode Lanjutan Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Kurang Konsentrasi

Setelah melewati metode awal, metode selanjutnya yaitu mempertahankan daya konsentrasi ataupun juga meningkatkan daya konsentrasinya. Meningkatkan daya konsentrasinya biasa dilakukan dengan melakukan latihan dengan menggunakan kartu seperti super brain yaitu kartu yang digunakan untuk melatih konsentrasi, keseimbangan otak kiri dan kanan, latihan ini harus dibimbing oleh seorang pembina. Selain itu juga dapat melatih kesabaran kepada anak.

Jangan terlalu menekankan pada anak harus ini, harus itu, tetapi juga berilah ruang dan waktunya untuk bersenang – senang sesuai dengan kegemarannya. Hal ini juga dapat menandakan ada sesuatu kegiatan yang lain, yang mungkin lebih disukai dan lebih dikuasai. Dukung dan arahkan selalu kegiatan yang dia sukai. Begitulah metode yang bisa diterapkan untuk menghadapi bagaimana cara mengatasi anak yang kurang konsentrasi. Kesabaran dan kasih sayang orang tualah yang menjadi modal dasar dalam mendukung tumbuh kembang si buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top