Info Buah Hati
You are here: Home » Psikologi » Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam

Langkah-langkah Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam

Buahhati.co.id. Apakah anak Anda termasuk dalam anak yang pendiam? Jika benar adanya, Anda patut mewaspadainya. Anak yang pendiam akan menjadi bumerang tersendiri baginya kelak. Pendiam adalah suatu keadaan sang anak yang benar-benar harus dijauhkan. Anak yang pendiam tidak akan dapat mengutarakan keluh kesahnya, tidak dapat memberikan pendapatnya ketika memang sangat dibutuhkan dan tidak dapat berinteraksi degan baik. di kehidupan ini kunci kesuksesan adalah interaksi yang baik.

Jika elemen terpenting dalam kehidupan sosial ini hilang akan sangat sulit melakukan interaksi sosial. Jangan karena anak Anda masih kecil sehingga Anda membiarkan sang anak pendiam karena diam harus dihilangkan dari kecil. Jika tidak dihilangkan, yang ditakutkan adalah diamnya itu akan berlangsung sampai dewasa. Di Bawah ini adalah langkah-langkah bagaimana cara mengatasi anak yang pendiam.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam

Langkah-langkah Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam dengan Bertanya

Bertanya adalah salah satu cara ampuh yang dapat mengatasi anak yang pendiam. Anak yang pendiam untuk memancingnya menjadi berbicara adalah dengan mengajaknya ke dalam sebuah percakapan. Kenali apa saja yang menjadi kesukaan sang anak. Jika Anda sudah tahu mulailah mengajaknya berbicara tentang topik yang disukai oleh anak Anda. Biasanya anak yang pendiam tidak akan mengajukan sebuah pertanyaan di awal percakapan, sehingga Anda harus memulainya terlebih dahulu.

Jika topik pembicaraan Anda sudah tepat sasaran, anak yang pendiam tadi akan terpancing untuk berbicara. Bahkan pembicaraan yang dia keluarkan bisa jadi akan di luar ekspektasi Anda. anak pendiam itu akan berbicara panjang lebar dan saat itu terjadi tetap fokus agar Anda dapat membuat pertanyaan yang selanjutnya.

Langkah-langkah Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam dengan Bermain Bersama

Bermain bersama dapat Anda pakai untuk mengilangkan anak yang pendiam. Kegiatan ini akan merubah anak yang pendiam menjadi anak yang pandai berbicara. Mulailah dengan bermain bersama dengan anak Anda. Anda dapat mengajaknya ke pusat keramaian dengan waktu yang sudah ditentukan bersama.

Ajak saja anak tersebut memainkan beberapa wahana yang sudah disediakan dan tanyakan pengalamannya ketika sudah mencoba wahana tersebut. di situ sang anak anak mulai terpancing dalam pembicaraan tersebut. Beberapa yang telah disebutkan di atas adalah langkah bagaimana cara mengatasi anak yang pendiam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top