Info Buah Hati
You are here: Home » Psikologi » Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong Berdasarkan Jenisnya?

Buahhati.co.id. Sebagai orang tua, kita harus mengajarkan dan menjaga agar anak kita tidak suka berbohong. Bagaimanapun, berbohong adalah perbuatan yang tidak baik. Sekali berbohong, maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Berbohong tidak hanya merugikan orang lain, tapi juga diri sendiri. Kebiasaan berbohong juga menjadi salah satu penyebab maraknya kasus korupsi.

Bagaimana cara mengatasi anak yang suka berbohong? Untuk menjawabnya kita harus mengetahui alasan dan juga jenis kebohongannya. Ada 4 jenis berbohong, yaitu pengkhayal, penghindar, tak mau kalah dan Tukang Pura-pura. Sebagian besar, berbohong disebabkan karena kurangnya perhatian dari orang tua.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong Jenis Pengkhayal dan Penghindar

  •  Pengkhayal

Pengkhayal memiliki imajinasi yang hebat yang terkadang berlebihan. Sayangnya, beberapa anak tidak bisa membedakan antara imajinasi mereka dengan realitas, sehingga terkadang mereka membawa imajinasi mereka dalam realitas. Disinilah peran orang tua untuk mengajarkan anak tentang hal ini dan usahakan agar anak sering berbagi dengan anda sehingga ketika dia berbohong akan merasa malu.

  • Penghindar

Beberapa anak cenderung tidak menyukai konfrontasi yang bisa menyebabkan mereka mendapat masalah. Sehingga mereka menciptakan kebohongan agar terhindar dari masalah dan hukuman. Orang tua sebaiknya menerapkan pengajaran disiplin berbasis konsekuensi. Jadi, anak-anak diajarkan agar mengatasi konsekuensi dari perilaku mereka. Jangan lupa pula untuk memberikan konsekuensi jika anak memang salah.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong Jenis Tak Mau Kalah dan Tukang Pura-Pura

  •  Tak Mau Kalah

Tak mau kalah merupakan sifat umum anak dan demi sifatnya itu, mereka bahkan tidak segan untuk berbohong atau melebih-lebihkan cerita mereka. Untuk mengatasinya, jangan sampai sebagai orang tua membanding-bandingkan anak dengan anak lain. Tanamkan kepada anak agar mereka bangga atas prestasi yang mereka miliki.

  • Tukang Pura-Pura

Gejala ini biasanya juga timbul karena menghindar atau rasa takut. Contohnya saja untuk menghindari ujian berpura-pura sakit. Sebagai orang tua, kita harus mengetahui penyebab rasa takut itu. Karena itu, ajarkan anak untuk mengatasi rasa takut dan bantu anak untuk membangun rasa percaya diri.

Itulah beberapa jawaban untuk pertanyaan bagaimana cara mengatasi anak yang suka berbohong jika kita tinjau dari jenis kebohongan pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top