Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Marah

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Marah

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Marah Setiap Hari

Buahhati.co.id. Memiliki anak yang baik dan penurut. Orang tua mana yang tidak menginginkannya? Tapi memiliki anak yang pemarah, masalah namanya. Bayangkan jika keinginannya tidak dituruti dia akan langsung marah, sebagai orang tua, kita pasti akan merasa pusing. Apalagi jika kemarahannya sampai membanting atau memecahkan barang-barang, tidak hanya sekedar berteriak-teriak saja, tentunya harus kita cari solusinya.

Tapi, sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi anak yang suka marah, ada baiknya kita introspeksi diri, jangan-jangan, diri kita juga seperti itu. Bagaimanapun, anak berkembang dari lingkungannya, jadi segala sifatnya kemungkinan besar belajar dari lingkungan sekitarnya, yang berarti juga lingkungan rumahnya, walaupun bisa juga karena faktor dari luar.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Marah

Perbaiki Diri Sendiri, Kunci Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Marah

Masa anak-anak adalah masa peniru, jadi pada masa ini, anak-anak memiliki kemampuan pengamatan yang baik. Jadi, jika kita sebagai orang tua suka berbicara keras dan berteriak, maka anak juga akan mengikuti. Jadi, ada baiknya, kita juga belajar untuk berbicara lembut, terutama saat di depan anak. Anak yang tumbuh dalam keluarga yang harmonis dan peduli, cenderung peduli juga kepada orang lain. Selain itu, kita juga harus mencontohkan kepedulian kepada sesama. Caranya adalah dengan menunjukkan rasa tidak suka kita jika anak melakukan kekerasan atau marah-marah. Katakan saja dengan jujur, tegas dan singkat, tapi jangan sampai melebar kepada kepribadiannya, hanya sebatas kepada tindakannya itu.

Arahkan Anak, Kunci Lain Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Suka Marah

Anak-anak hanyalah peniru dan tidak mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, karena itulah kita perlu mengarahkannya. Salah satunya adalah dengan menyeleksi bahan bacaan dan tontonannya. Saat ini, banyak sekai tontonan yang tidak mendidik. Contohnya saja memukul orang pada saat lawakkan. Bagi orang dewasa, mereka tau kalau ini hanya bahan candaan. Tapi untuk anak-anak?

Tentu saja tidak, bahkan mereka akan menganggapnya sebagai hal yang wajar. Selain itu, ajarkan juga kepada anak bagaimana mengelola emosi secara tepat. Maksudnya, saat anak tidak mendapatkan keinginannya, arahkan pada komunikasi yang akan menghasilkan keputusan yang berimbang. Itulah beberapa cara bagaimana cara mengatasi anak yang suka marah yang bisa diterapkan untuk mendidik buah hati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top