Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Agar Anak Rajin Menulis

Cara Agar Anak Rajin Menulis

Cara Agar Anak Rajin Menulis yang Tepat

Ingin anak anda rajin menulis? Berikut kami berikan beberapa trik dan cara agar anak rajin menulis. Menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang selalu dipelajari ketika sekolah. Menulis merupakan keterampilan dari kekuatan logika atau nalar. Siswa yang memiliki logika baik pasti akan memiliki kemampuan berbahasa yang baik juga.

Namun jika siswa memiliki kemampuan berbahasa, belum tentu juga dia memiliki logika atau nalar yang baik. Oleh sebab itu keterampilan menulis telah menjadi kendala paling utama dalam belajar bahasa. Apabila mereka mendapatkan tugas untuk menulis pasti akan ada banyak anak merasa kesulitan. Jangankan anak bahkan sebagai pembimbingnya pun merasakan hal serupa.

Cara Agar Anak Rajin MenulisCara Agar Anak Rajin Menulis Bisa Dipelajari dari Penyebabnya

Penyebab yang menjadikan anak malas menulis beberapa di antaranya yaitu orangtua yang selalu menuntut anak juara di sekolah. Selanjutnya, memaksa anak untuk masuk ke dalam kelas penulis bergengsi dan mendesak anak untuk selalu mendapat nilai A.

Tulisan yang bagus pasti akan membutuhkan energi emosional dan juga waktu. Anak yang selalu mendapat tekanan dari orangtuanya pasti tidak akan memiliki energi. Penyebab selanjutnya, tidak adanya motivasi dari  orangtua. Hal ini tentu akan menyebabkan rasa percaya diri sang anak menjadi hilang dan akhirnya tidak akan bisa menuliskan sebuah karangan menarik.

Solusi Mudah Cara Agar Anak Rajin Menulis

Solusi paling utama, anda harus bisa menumbuhkan kebiasaan dan kecintaan membaca terhadap anak. Ini merupakan poin yang cukup penting agar bisa menjadikan mereka sebaga penulis yang baik. Apabila mereka sudah selesai menulis berikanlah pujian karena pujian merupakan cara efektif yang bisa memotifasi anak untuk terus menulis.

Solusi ke dua, jangan anda memberi kritik dan saran terhadap tulisan anak karena akan membuat mereka tidak percaya diri. Selanjutnya dorong terus menerus untuk menulis tentang apa yang anak senangi. Sebagai orangtua, anda tidak perlu mengajarkan tentang tata bahasa pada anak karena akan membuat mereka menjadi malas. Itulah beberapa cara agar anak rajin menulisdengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top