Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Membuat Anak Malas Menjadi Rajin

Cara Membuat Anak Malas Menjadi Rajin

Bagaimana Cara Membuat Anak Malas Menjadi Rajin

Siapa orang tua yang menginginkan anak yang malas apalagi jika dia sulit untuk diatur. Banyak orang tua yang menganggap hal itu sebagai bencana. Banyak pula orang tua yang mencari cara membuat anak malas menjadi rajin.

Hal tersebut bisa terjadi karena pola asuh anak yang anda terapkan salah sejak awal. Kiranya anda perlu merubah pola asuh anak anda ini, dengan mengubah pola asuh anak anda dapat membuat anak yang tadinya malas menjadi rajin. Demikian cara yang dapat diberikan agar mengubah anak yang tadinya malas menjadi rajin.

Cara Membuat Anak Malas Menjadi RajinBeri Hukuman Untuk Anak Yang Malas

Hukuman bertujuan agar si anak mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. Malas adalah hal yang salah dan tidak boleh untuk dilakukan karenanya berikan anak anda hukuman jika ia tidak mau mengerjakan sesuatu karena malas. Berilah hukuman yang wajar dan tidak berlebihan agar anak anda tidak mengalami trauma yang berlebihan.

Beri hukuman jika anak anda malas dalam hal misalnya belajar, membuang sampah, menyimpan mainan-mainan miliknya dan lain-lain. Anda bisa menghukumnya dengan cara mengambil mainannya, melarang untuk keluar main atau mengambil hak uang sangu atau hak jajannya. Dengan memberikan hukuman anak anda akan mengetahui bahwa hal yang ia lakukan adalah salah dan tak boleh dilakukan lagi.

Beri Pujian Untuk Setiap Tindakan Baiknya

Beri anak anda sebuah pujian atas apa yang ia lakukan meskipun hal itu merupakan hal yang kecil. Misalnya ia sedang membereskan mainannya, meletakan sepedanya pada tempat yang tepat, atau membuang sampah pada tempatnya. Meski hal yang dilakukan oleh anak merupakan hal yang remeh namun pujian yang anda berikan berarti besar untuk si anak.

Anak akan merasa termotivasi dengan pujian yang anda berikan dan akan melakukan hal yang lebih untuk pujian anda selanjutnya. Buatlah kegiatan bersama yang menyenangkan seperti belajar bersama atau membereskan mainan bersama agar anak melakukannya dengan senang. Demikian cara membuat anak malas menjadi rajin yang dapat kami bagikan untuk anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top