Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Membuat Anak Menjadi Rajin

Cara Membuat Anak Menjadi Rajin

Tips Cara Membuat Anak Menjadi Rajin

Anak yang rajin memang sesalu menjadi idaman bagi setiap orang tua. Orang tua mana yang tidak senang bila anaknya adalah anak yang rajin dan juga berprestasi. Namun bagaimana sih cara membuat anak menjadi rajin? Faktanya pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh para orang tua. Anak rajin adalah anak yang mandiri dan dapat melakukan kegiatannya sendiri, namun hal ini tentunya juga tergantung dari pola asuh orang tuanya dan tentunya perhatian yang diberikan oleh orang tua. Berikut kami akan mengulas tips agar anak menjadi rajin.

Cara Membuat Anak Menjadi RajinBeri Anak Contoh Apakah Itu Rajin?

Anak melakukan kegiatannya dengan cara meniru kedua orang tuanya. Kesempatan inilah yang dapat anda manfaatkan untuk mengajarkan anak agar rajin. Usahakan anda mengajarinya untuk berbuat rajin sejak dini agar hal ini bisa melekat pada dirinya. Anda dapat mengajari anak anda untuk berbuat rajin dengan memberikan contoh terlebih dahulu. Misalnya saja dengan mencontohkan hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya atau membereskan mainannya. Beri pengarahan pada si kecil agar ia melakukannya juga seperti “ayo buang samapah pada tempatnya”, “ayo bereskan mainannya, sama-sama ya” atau bisa juga ajak anak anda untuk belajar bersama “sudah jam segini, ayo belajar sama mama”. Dengan memberikan contoh pada anak anda mereka akan mengetahui bahwa kegiatan tersebut haruslah dilakukan.

Beri Pujian Untuk Kerajinan dan Berikan Hukuman Untuk Kemalasan

Anda harus memberikan pujian atau award untuk anak anda jika mereka melakukan hal yang rajin dan benar, hal itu akan memotivasi mereka untuk melakukannya lagi. Beri hukuman untuk anak anda jika mereka melakukan hal salah atau malas seperti tidak belajar atau membuang sampah sembarangan. Anda tidak perlu memberikan hukuman yang berlebihan anda cukup menegurnya saja namun jika tetap tidak di gubris anda dapat mengancamnya dengan mengambil mainannya, atau tidak memberikannya uang sangu. Demikian tips dan cara membuat anak menjadi rajin semoga bermanfaat bagi anda dan berguna dalam mendidik anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top