Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Membuat Anak Rajin Menulis

Cara Membuat Anak Rajin Menulis

Tips Cara Membuat Anak Rajin Menulis

Orangtua mana yang tidak bangga sekaligus senang melihat buah hati tercinta mereka pandai membaca dan menulis. Walau begitu pada kenyataannya mengajarkan anak supaya mereka rajin menulis memang lebih sulit ketimbang mengajarkan mereka membaca.  Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada tips cara membuat anak rajin menulis yang bisa anda coba terapkan pada anak anda tersayang.

Memang betul tidak semua orang memiliki bakat menulis karena setiap orang memiliki bidang dan keahlian yang berbeda. Jadi anda tidak perlu terlalu menuntut anak anda agar mereka jago menulis padahal minat sang anak lebih ke bidang lainnya misalnya musik atau olahraga.

Cara Membuat Anak Rajin MenulisTerapkan Budaya Membaca Supaya Anak Rajin Menulis

Ada cara yang bisa dibilang sederhana tetapi terbilang ampuh supaya seorang anak menjadi rajin dan gemar menulis yaitu dengan menerapkan budaya membaca di lingkungan keluarga. Anda bisa membelikan anak-anak anda berbagai macam buku bacaan entah itu buku cerita, novel, komik, majalah atau buku-buku bacaan lainnya.

Biasanya seseorang yang memiliki hobi membaca cenderung memiliki hobi untuk menulis juga karena mereka memiliki banyak referensi dalam menulis yang berasal dari buku-buku yang pernah dibaca. Anda juga bisa membimbing anak anda untuk mencoba membuat tulisan seperti menulis cerpen atau puisi dan jangan sampai lupa untuk memberikan pujian dan sanjungan kepada anak anda.

Dukung Mereka Mengikuti Lomba Agar Anak Rajin Menulis

Untuk cara yang terakhir ini anda bisa memberikan dukungan kepada putra dan putri anda untuk mengikuti lomba penulis agar kecintaan mereka terhadap hobi mereka ini semakin meningkat. Ada banyak lomba menulis yang bisa diikuti oleh anak anda misalnya saja mengikuti loma menulis puisi maupun cerpen antar sekolah atau bisa juga mengikuti lomba yang diadakan oleh surat kabar dan majalah.

Jangan memberi tekanan kepada sang anak supaya menjadi pemenang sebab hal ini justru membuat mental mereka menjadi tertekan. Silahkan anda mencoba mempraktekan tips cara membuat anak rajin menulis yang kami berikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top