Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengajari Anak Agar Rajin Belajar

Cara Mengajari Anak Agar Rajin Belajar

Cara Mengajari Anak Agar Rajin Belajar di Sekolah dan di Rumah

Berikut ini akan kami bahas seputar cara mengajari anak agar rajin belajar. Nilai ulangan anak kita di sekolah buruk dan tidak naik kelas? Sebenarnya pertanyaan itu yang menjadi perbincangan para ibu, ketika merasa keheranan akan anaknya yang nilainya jelek tetapi anehnya dia hafal semua pemain-pemain sepak bola bahkan nama-nama pemain kartun Naruto contohnya hampir semuanya hafal.

Sebenarnya apa yang salah dengan anak tersebut? Apakah pola mengajarnya atau kecerdasannya? Cara mengajari anak agar rajin belajar sebenarnya sangat mudah sekali, terlebih bagi para guru dan bagi para ibu yang senang akan dunia anak-anak. Mengajarii anak dengan pola yang salah akan mengakibatkan anak tersebut malas belajar dan lebih suka bermain. Contohnya anak TK atau Paud yang terlalu dikekang dalam belajar maka lama kelamaan akan stress dan malas belajar.

Cara Mengajari Anak Agar Rajin BelajarJangan menyalahi anak ketika salah menjawab agar anak tetap rajin belajar

Contohnya hal ini yang sering terjadi pada anak-anak usia dini atau anak SD ke bawah yang lebih mudah sensitif. Si guru jangan menyalahi anak tersebut, tetapi nasehati dan tuntun dia secara halus, contohnya dengan memberi panggilan “Sayang, seharusnya jawabannya seperti ini.” Mungkin dengan kata-kata seperti itu anak akan lebih menerimanya dibandingkan dengan guru yang memarahinya.

 Mengajari anak agar rajin belajar gunakan media sesuai dengan daya tangkap anak

Jika anak cenderung memahami pelajaran dengan cara mendengarkan sesuatu gunakan media audio. Ketika anak cenderung menangkap pelajaran melalui tulisan, gunakan media secara visual. Jika anak harus memahami pelajaran dengan menggunakan tulisan dan suara gunakan media kedua-duanya atau audio visual.

Cara mengajari anak agar rajin belajar tadi bisa dijadikan acuan bagi para guru maupun orang tua yang merasa kesulitan dalam mengajari anak mereka agar mereka menjadi anak yang rajin belajar. Bisa jadi bukan hanya anak nya saja yang salah tetapi juga guru dan orang tua nya yang salah dalam melatih dan mengajari ia dalam memahami setiap pelajaran di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top