Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan dengan Mudah

Memiliki bayi adalah kebahagiaan yang tidak ternilai harganya. Namun seiring pertumbuhannya beberapa masalah kerap kali muncul. Masalah tersebut biasanya memusingkan bunda dan membuat panik. Seperti pada umumnya, anak yang memasuki usia satu tahun yang mulai susah makan. Beberapa bunda mengabaikannya karena mereka pikir si bayi masih diberikan asi olehnya.

Padahal bunda, pada usia satu tahun anak membutuhkan nutrisi dan asupan yang lebih dari sekedar asi karena asi hanya memenuhi nutrisi yang pas untuk kebutuhannya hanya saat dia berumur di bawah 6 bulan. Berikut adalah cara mengatasi anak 1 tahun susah makan dengan mudah.

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah MakanPertama, apabila bunda menemukan si kecil tidak nafsu makan, ada baiknya bunda mencari sebabnya terlebih dahulu. Sebab sebab yang biasa timbul antara lain: makanan yang disajikan untuk si kecil kurang disukai. Seperti yang kita tau, ada beberapa makanan yang memang si kecil tidak suka bahkan ketika usianya bau menginjak 1 tahun.

Wajar sebenarnya sejauh yang tidak disukainya bukanlah makanan makanan yang memang diperlukan untuk pertumbuhannya seperti sayuran, ikan, telur dan sebagainya. Jika bunda menemukan bahwa ternyata si kecil tidak doyan makanan makanan tersebut di atas maka bunda harus pintar pintar mengakalinya. Bisa disiasati dengan cara membuatnya menjadi bentuk bentuk lucu sehingga si kecil akan memusatkan perhatiannya pada makanannya dan melupakan rasa ketidaksukaan pada makanan tersebut.

Kedua, coba periksakan buah hati bunda ke bidan atau ke dokter spesialis anak. Karena dikhawatirkan ada yang salah pada si kecil. Seperti yang kita tahu gejala cacingan adalah berkurangnya nafsu makan pada anak secara drastis. Apabila benar maka sangat perlu untuknya mendapatkan pertolongan seperti diberi obat anti cacing, dan sebagainya sehingga si kecil akan lekas sembuh dan nafsu makannya dapat kembali normal seperti semula.

Apabila diperlukan, bunda dapat menambah vitamin atau obat penambah nafsu makan kepada buah hati untuk lebih membuatnya lebih suka makan. Cara mengatasi anak 1 tahun susah makan juga dapat dilakukan dengan memberinya kudapan kudapan sehat yang anak anak sukai juga dapat membantu seperti buah buahan, jus dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top