Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Adhd

Cara Mengatasi Anak Adhd

Inilah Tips Ampuh Cara Mengatasi Anak Adhd

ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) atau lebih dikenal dengan istilah hiperaktif ini memang sering dialami oleh anak-anak. Anak yang terserang adhd kan sulit untu mengikuti intsruksi yang diberikan, sehingga menjadi sangat sulit untuk diatur. Cara mengatasi anak adhd memang cukup sulit dan tentunya membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Anak adhd selalu aktif tetapi tidak stabil dengan melakukan banyak kegiatan yang berganti-ganti dengan energi yang rasanya tak ada habisnya. Mereka sulit diajak diam sehingga akan berkinerja buruk saat di sekolah karena perilakunya yang sangat aktif tersebut. Sebenarnya tidak ada cara yang tepat untuk mengatasi anak yang terserang adhd tersebut tetapi ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk diterapkan kepada anak untuk membuatnya berkelakuan yang baik dan sopan.

Cara Mengatasi Anak AdhdCara Mengatasi Anak Adhd Menjadi Lebih Tenang

Anak hiperaktif atau terkena sindrom adhd memang cenderung untuk selalu bergerak dan tidak bisa duduk diam. Ada kalanya anak hiperaktif perlu diberikan obat ataupun suplemen untuk membantu mereka lebih tenang. Namun, sayangnya penggunaan obat-obatan tersebut tak baik digunakan dalam jangka waktu panjang. Sebenarnya ada beberapa cara lain yang tentunya cara alami yang baik bagi fisik maupun psikologis untuk menurunkan tingkat hiperaktif anak dan membuatkan menjadi lebih diam.

Salah satu cara yang mungkin bisa dicoba dengan menghilangkan stres pada anak melalui cara mandi air garam yang hangat atau dengan mandi busa yang diberi beberapa mainan di bak mandi. Cara lain dengan mendorong anak agar mengambil nafas dalam-dalam dari hidung lalu membuangnya secara perlahan melalui mulut.

Lima Cara Mengatasi Anak Adhd yang Efektif

Ada beberapa cara mengatasi anak adhdlainnya yang perlu dicoba seperti:

  • Mengatur susana ruangan agar menjadi nyaman dan kondusif bagi anak hiperaktif dengan mengatur pencahayaan sedikit lebih redup serta menyetel musik relaksasi.
  • Menjauhkan anak dari kebiasaan minum dingin, banyak gula, serta yang banyak mengandung banyak bahan pengawet karena dapat menyebabkan agitasi.
  • Sebaiknya sediakanlah waktu untuk menampung energi yang ekstra seperti berolahraga bersama anak.
  • Seringlah berkomunikasi dengan anak secara halus sambil memberinya stimulasi fisik berupa pijatan lembut dan juga sentuhan yang hangat untuk membuatnya merasa nyaman.

Lakukan aktivitas rutin setiap hari untuk mencegah perilaku tak terkontrol dari anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top