Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Autis Ringan

Cara Mengatasi Anak Autis Ringan

Cara Mengatasi Anak Autis Ringan dengan Berempati Pada Anak

Anak autis memiliki gangguan kompleks pada  perkembangannya. Hal ini disebabkan oleh gangguan neurobiologis yang dapat mempengaruhi kerja otak. Kegiatan berinteraksi dan berkomunikasi pun menjadi kurang lancar dan efektif dengan dunia di sekitarnya. Gejala autisme ini sendiri dapat diketahui sejak si anak berusia 3 tahun.

Gejala umum yang sangat kentara pada anak autis adalah sikapnya yang acuh terhadap lingkungan dan orang-orang di sekelilingnya. Mereka menghindari dirinya untuk menolak berkomunikasi dan seolah-olah memiliki dunianya sendiri. Mereka juga biasanya mengalami kesulitan dalam memahami bahasa tubuh dan juga komunikasi secara verbal. Selain itu mereka juga sering berperilaku dengan stimulus dari dirinya sendiri seperti berjalan jinjit, berputar-putar, dan mengepakkan tangan seperti hendak terbang dan memiliki sayap. di bawah akan dijelaskan mengenai cara mengatasi anak autis ringan.

Cara Mengatasi Anak Autis RinganCara Mengatasi Anak Autis Ringan dengan Mengenal Gejala Autisme Terlebih Dulu

Sebenarnya gejala autisme bermacam-macam, ada sebagian dari mereka yang hiperaktif atau terkadang malah sering menyakiti dirinya sendiri, namun sebagian juga ada yang pasif. Autisme pada anak menyebabkan mereka sulit mengendalikan emosinya, terkadang mereka tertawa, kemudian  menangis, atau juga marah-marah dengan alasan yang tidak jelas.

Sebagai orang tua yang memiliki anak penyandang autisme memang harus lebih bekerja keras dalam artian mereka harus lebih sabar, dan juga peduli. Sebisa mungkin orang tua juga memenuhi kebutuhan anak, kadang-kadang harus tegas namun jangan kasar, dan segala sesuatunya dapat dilakukan dengan cara berempati pada anak tersebut.

Cara Mengatasi Anak Autis Ringan melalui Pemusatan Perhatian Pada Si Anak

Autisme dibagi menjadi beberapa jenis yaitu autisme berat, sedang, ringan, dan juga sangat ringan. Semua jenis autisme dapat diterapi, dan yang paling penting adalah dengan berempati bagi para orang tua yang mengasuhnya.  Autisme ringan akan lebih mudah diatasi ketimbang autisme berat, jadi sebagai orang tua anda jangan pesimis, teruslah berusaha untuk membuatnya nyaman.

Dalam hal komunikasi anda dapat menyampaikannya secara pelan-pelan, anda perlu bersabar, dan tidak memaksa anak untuk mendengarkan. Mungkin saat anda bicara ia sedang berimajinasi, sehingga tidak dapat menangkap apa pesan yang disampaikan anda. Anda juga jangan melarang anak untuk melakukan hal-hal yang disukainya. Itulah cara mengatasi anak autis ringan, cukup sederhana bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top