Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Balita Yang Aktif

Cara Mengatasi Anak Balita Yang Aktif

Cara Mengatasi Anak Balita Yang Aktif dan Susah Untuk Diam

Orang tua pasti bangga memiliki anak yang aktif, namun jika aktifnya dalam ukuran yang berlebihan, maka bisa sangat menyebalkan. Anak yang sangat aktif tidak akan berhenti beraktivitas, mereka seperti memiliki energi super yang membuatnya melakukan ini dan itu. Terkadangpun mereka bisa melakukan beberapa hal yang tidak menyenangkan, seperti berkeliaran di luar rumah dan atau bahkan memorak-porandakan isi rumah anda.

Memiliki anak yang super aktif memang melelahkan, namun sebagai orang tua anda harus menerimanya dengan lapang dada. Semua ini bukan salah anak anda, terlebih anak anda masih kecil yaitu seumuran balita. Jangan memaki mereka dengan kata-kata kasar di saat-saat mereka melakukan hal yang menyebalkan. Berikut adalah ulasan mengenai cara mengatasi anak balita yang aktif. Mungkin anda dapat menerapkannya untuk anak balita anda yang hiperaktif.

Cara Mengatasi Anak Balita Yang AktifCara Mengatasi Anak Balita Yang Aktif Yang Harus Anda Ketahui

Pertama-tama mungkin anda harus mengetahui sebenarnya apa sih cikal bakal dari tingkah laku anak yang aktif?Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan anak anda menjadi aktif dan sulit diatur. Salah satunya adalah pola asuh dari orang tua. Anak yang aktif pada awalnya mendapatkan pola asuh yang salah. Mungkin anda terlalu memanjakannya dan juga menuruti setiap keinginan si balita.

Balita yang aktif biasanya ditandai saat masih bayi sering menangis dan teriak, anak jarang tidur dan hanya terus-menerus menangis. Tidak usah khawatir bunda anda dapat mengatasinya dengan cara memberikan pengertian yang tepat pada anak. Berilah tutur kata yang membuatnya sedikit lebih tenang dan tidak hiperaktif saat melakukan aktivitas.

Cara Mengatasi Anak Balita Yang Aktif Tanpa Harus Bersikap Kasar Pada Anak

Tunjukkan kasih sayang anda dengan cara memberinya pelukan hangat di setiap saat mereka melakukan kesalahan. Beritahu mereka apa yang dilakukannya itu salah. Jangan sekali-kali anda memarahinya, karena itu hanya akan membuat anak anda semakin memberontak.

Tunjukkan pada mereka dengan kasih sayang yang tulus sehingga anak anda akan luluh. Anda juga bisa mengatasinya dengan memilih mainan yang bisa membuat si balita fokus dan tenang sehingga dia tidak akan banyak bergerak lagi. Sekian mengenai cara mengatasi anak balita yang aktif, semoga membantu para ibu sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top