Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Aktif Di Kelas

Cara Mengatasi Anak Yang Aktif Di Kelas

Cara Mengatasi Anak yang Aktif dikelas dengan Baik

Memiliki anak yang aktif, pintar, cerdas dan tanggap adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mendapatkannya ada beberapa cara yang dapat ditempuh. Tentu saja dibalik anak yang hebat ada peran orang tua yang luar biasa dalam mendukung tiap perkembangannya. Kecerdasan anak selain faktor bawaan lahir adalah bukti kesungguhan orang tua dalam mendidik dan mengarahkannya. Anak yang cerdas di sekolah maupun di luar sekolah biasanya ditengarai dengan keaktifannya.

Nah, seperti yang kita tahu, pada anak terdapat dua jenis keaktifan yang dapat diartikan. Yang pertama adalah aktif dalam menanggapi segala pelajaran yang diberikan oleh guru mereka (di sekolah), aktif bertanya akan suatu hal yang belum mereka tahu, aktif mencoba sesuatu yang ingin mereka kuasai seperti dalam bidang olah raga, bermain musik dan lain sebagainya. Aktif yang seperti inilah yang menjadi ciri kecerdasan anak. Cara mengatasi anak yang aktif di kelas dapat dilakukan sebagai berikut.

Cara Mengatasi Anak Yang Aktif Di KelasPertama adalah dengan tidak menyuruhnya diam ketika rasa ingin tahunya sedang memuncak. Biasanya, anak yang apabila di sekolah aktif cenderung terlihat lebih cerewet dan mudah penasaran akan segala sesuatu sehingga dia akan lebih responsif menanggapi segala sesuatu yang gurunya berikan kepadanya. Biasanya, beberapa orang tua maupun guru malah kesal menanggapi anak anak yang begini.

Padahal, anak yang cerewet dalam bertanya adalah anak yang terpotensial memiliki kecerdasan yang luar biasa apabila orang tua dan lingkungan sekitar turut mendukungnya. Jawablah segala pertanyaan mereka dengan penuh penjelasan yang mudah dimengerti selama pertanyaan mereka masih termasuk di dalam konteks.

Jangan pernah menyuruhnya diam supaya mereka berhenti bertanya dengan emosi. Apabila yang mereka tanyakan terlalu banyak dan membuat anda lelah, cukup jelaskan dengan cara semudah mungkin sehingga mudah dimengerti oleh mereka kemudian memberi mereka pengertian untuk berhenti bertanya karena mungkin siswa lain dalam kelas juga ingin bertanya atau pertanyaan si anak yang tiada hentinya membuat siswa lain terganggu.

Cara mengatasi anak yang aktif di kelas juga dapat dilakukan dengan cara menjadikannya contoh ketika guru membutuhkan peraga. Dengan begitu maka keaktifan anak akan disalurkan dengan baik selain itu juga mental si anak akan terlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top