Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Aktif

Cara Mengatasi Anak Yang Aktif

Melihat Beberapa Cara Mengatasi Anak yang Aktif

Memiliki anak yang aktif memang salah satu kelebihan yang sangat diidamkan bagi kedua orang tua. Namun, apa jadinya jika keaktifan anak tersebut membuat konsentrasinya menjadi berkurang, sulit diatur, dan terlalu sering menuruti kata hatinya?.

Pasti orang tua yang mengasuhnya merasa kerepotan dan kesal sendiri. Nah, alangkah baiknya kelebihan tersebut diarahkan melalui beberapa cara mengatasi anak yang aktif di bawah ini. Hal ini dikarenakan, anak yang aktif sebenarnya dapat menjadi suatu kelebihan yang sangat bermanfaat bagi dirinya kelak apabila dilatih dengan benar.

Cara Mengatasi Anak Yang AktifCara mengatasi anak yang aktif menggunakan pengarahan yang logis

Anak yang aktif pada umumnya lebih pandai daripada anak biasanya. Hal ini dikarenakan aktifitas otaknya bekerja secara terus menerus. Oleh karena itu, perlu adanya arahan khusus agar kelebihan tersebut dapat mengarah ke hal-hal yang positif. Salah satunya adalah dengan memberikan pengarahan yang logis kepada anak.

Pengarahan tersebut dapat berupa nasihat maupun peraturan yang bersifat membangun tanpa adanya unsur kesewenang-wenangan dan emosional dari dalam diri orang tua. Oleh karena itu, perbanyak partisipasi anak dalam membuat suatu peraturan dalam keluarga anda agar anak merasa diperhatikan dan memperoleh kasih sayang keluarga tersebut.

Cara mengatasi anak yang aktif melalui kegiatan terapi

Tempat-tempat yang menyediakan terapi bagi anak yang aktif memang sedang ngehits dalam beberapa waktu terakhir. Namun, anda tak perlu lagi khawatir karena dapat menerapkannya sendiri di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Satu hal yang pasti dalam penerapan terapi ini adalah dengan menggunakan sistem hadiah (reward). Sistem ini digunakan untuk melatih kemampuan anak untuk lebih fokus pada suatu aktifitas.

Guna meningkatkan persentase keberhasilan terapi ini maka buatlah beberapa peraturan yang membangun sifat positif sang anak yang dikombinasikan dengan pemberian hadiah. Selain terapi dengan menggunakan aktivitas anak, orang tua juga dapat menggunakan terapi obat. Terapi ini lebih mudah untuk dijalankan karena hanya meminumkan beberapa jenis obat pada anak secara rutin agar emosinya menjadi stabil. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa cara mengatasi anak yang aktif. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anak anda dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top