Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Autis

Cara Mengatasi Anak Yang Autis

Cara Mengatasi Anak Yang Autis dan Merawatnya

Buah hati adalah titipan. Kewajiban kita yang beruntung memilikinya adalah untuk merawat serta mendukung tiap tumbuh kembangnya bagaimanapun keadaan anak tersebut. Salah satunya adalah ketika anak mengidap autisme. Autis adalah semacam cacat mental yang dibawa sejak lahir atau yang terjadi akibat gejala penyakit tertentu seperti panas tinggi hingga kejang dan sebagainya.

Anak penderita autisme biasanya berperilaku sedikit berbeda dengan anak normal. Mental mereka tidak mampu berkembang selayaknya anak normal sehingga beberapa orang menyebutnya keterbelakangan mental. Namun bagaimanapun anak adalah tetap anak yang tetap harus di rawat dengan penuh kasih sayang. Kalau bukan anda sebagai orang tuanya siapa lagi yang akan memberinya kasih sayang, bukan begitu? Untuk itu, berikut cara mengatasi anak yang autis.

Cara Mengatasi Anak Yang AutisPertama adalah dengan sabar. Seperti yang kita semua tahu, anak penderita autisme menyerap segala sesuatu dengan cara yang berbeda. Mulai dari cara mereka berkomunikasi, cara mereka menginginkan sesuatu, mengekspresikan respons mereka terhadap sesuatu dan lain sebagainya yang kebanyakan tidak dimengerti oleh sebagian besar orang.

Disinilah peran anda sebagai orang tua diperlukan. Dibanding terapisnya atau orang lain, andalah yang dituntut untuk mengertinya lebih dari siapapun. Nah untuk mencapai fase itu, anda harus mendampinginya dan mencoba mengartikan tiap tiangkah lakunya dan mengertinya dengan penuh kesabaran karena kebanyakan anak dengan autisme tidak suka diperlakukan secara kasar.

Kemudian, kenalkanlah dia pada beberapa hal seperti menggambar, musik, olah raga atau yang lainnya. Meski penderita autisme dianggap keterbelakangan mental, pada kasus lain di mana orang tua mau mengarahkannya dengan mencari apa bakat dan minatnya, para anak ini lebih cepat menguasai bidang tersebut dari pada anak normal.

Sehingga anda dapat membuktikan bahwa meski anak anda menyandang suatu penyakit yang kebanyakan orang mengucilkannya, anak anda justru dapat berprestasi. Kenalkanlah dia pada lingkungan sekitar agar ia dapat berinteraksi dengan baik. Cara mengatasi anak yang autis berikutnya adalah dengan cara mengarahkan emosinya agar tidak terlalu meluap luap karena biasanya penyandang autisme memiliki emosi yang meluap luap yang membuatnya dijauhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top