Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak yang Banyak Bertanya

Cara Mengatasi Anak yang Banyak Bertanya

ke Orang Tua

Buahhati.co.id. Anak merupakan titipan yang sangat berharga bagi kita sebagai orang tua. Selayaknya kertas yang masih kosong, tentu saja anak harus dididik agar memiliki pribadi yang baik dan berguna bagi sesamanya. Dalam hal ini, proses untuk mendidik anak, orang tua sangat dituntut untuk memberi ilmu apalagi ilmu tentang moral dan sopan santun.

Yang sudah pasti adalah, anak akan banyak bertanya mengenai banyak hal yang baru bagi mereka. Di sini, mari kita bahas bagaimana cara mengatasi anak yang banyak bertanya kepada orang tua. Kita sebagai orang tua hendaknya selalu mengawasi dan memberikan didikan moral sesuai dengan usia anak kita.

Cara Mengatasi Anak yang Banyak Bertanya

Memberikan penjelasan yang detail

Saat anak sedang berkembang, tentu saja banyak hal yang dia temukan sebagai hal yang baru. Nah, jika anak menemukan hal baru yang belum pernah ditemui, pastilah akan muncul pertanyaan yang ditujukan pada orang tua. Dalam hal ini, kita sebagai orang tua hendaknya tidak acuh pada anak kita pada saat mereka bertanya.

Untuk menghindari pertanyaan yang sangat banyak yang mungkin saja mengganggu aktivitas kita, kita bisa menjelaskan jawaban dari pertanyaan anak kita dengan jawaban yang sangat detail. Dengan demikian, anak akan mengerti banyak hal dan tentu saja pertanyaan akan lebih sedikit keluar dari mulutnya. Jangan pernah membohongi anak dengan jawaban yang ngawur karena ini akan mempengaruhi pemikirannya pada saat menemui hal baru dalam hidupnya.

Mengajak anak ke tempat – tempat baru

Sebagai orang tua yang sudah selayaknya memberikan pendidikan yang layak terhadap anaknya, mengajak anak ke tempat – tempat yang baru bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak yang banyak bertanya. Dari pengalaman – pengalaman yang sudah di dapat anak pada saat pergi berkunjung ke tempat – tempat yang baru, tentu saja si anak akan mempunyai wawasan yang luas.

Tentunya, pada saat kita mengajak anak kita ke suatu tempat yang baru, kita juga harus memberikan informasi tentang apa yang ada di tempat itu. Tidak hanya ini, semua aspek pendidikan juga harus kita berikan sejak dini pada anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top