Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Banyak Tingkah

Cara Mengatasi Anak Yang Banyak Tingkah

Inilah Beberapa Tips

Buahhati.co.id. Anak yang banyak tingkah tidak selalu negatif. Perilaku yang banyak tingkah ini biasa disebut dengan hiperaktif. Anak yang memiliki perilaku hiperaktif harus diarahkan sedemikian rupa agar tidak berarah ke hal-hal yang negatif.

Bagaimana cara mengatasi anak yang banyak tingkah atau hiperaktif? Dalam artikel sederhana ini, kami akan menyajikan alternatif solusi yang mungkin anda perlukan. Demikian uraian selengkapnya.

Cara Mengatasi Anak Yang Banyak Tingkah

Mengatasi Anak yang Banyak Tingkah

Orang tua harus ekstra sabar jika menghadapi anak yang banyak tingkah atau hiperaktif ini. Kesabaran adalah kunci utama untuk mendidik anak. Jangan pernah membatasi anak dengan berbagai larangan.  Anak yang hiperaktif adalah anak yang banyak bergerak.Ini sebenarnya telah menjadi sifat alami dari anak. Jika kita terlalu banyak menuntut dan memberikan ini itu, tentu sang anak akan merasa seperti ada semacam kurungan yang membelenggu untuk tubuhnya.

Ada saatnya anak akan menuruti berbagai aturan yang diberikan orang tua, namun adakalanya anak menentang. Namun apabila ada hal hal yang membuat anak kecewa, dia dapat berubah menjadi seorang anak yang tak tahu aturan, lalu, seakan-akan anak tersebut akan tumbuh menjadi seorang anak yang suka memberontak. Anak yang terlalu aktif biasanya butuh pengawasan yang ekstra dari para orang tua.

Membimbing Anak Yang Banyak Tingkah

Anak yang banyak tingkah bukan berarti tidak bisa diarahkan. Agar dapat didengarkan oleh anak, orang tua harus memberikan pengarahan yang logis kepada sang anak. Biasanya, anak yang aktif cenderung lebih pintar dari anak-anak pada umumnya. Tugas orang tua adalah mengarahkan sang anak kepada satu hal yang menjadi kelebihannya. Ingat, mengarahkan bukan berarti memaksa, jadi jangan sekali-kali memaksa anak anda untuk melakukan sesuatu.

Lalu, jika anak melakukan hal hal yang negatif, orang tua juga harus menasihatinya dengan ketenangan. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang keras, dan jangan menggunakan kekerasan. Mendidik anak dengan kekerasan akan membuat anak tumbuh dengan keadaan emosi yang kurang stabil. Jadi, usahakanlah menjadi orang tua yang sabar. Demikian adalah ulasan mengenai cara mengatasi anak yang banyak tingkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top