Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Anak Yang Baru Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi Anak Yang Baru Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi Anak Yang Baru Tumbuh Gigi Agar Tidak Rewel

Anak yang baru tumbuh gigi biasanya berkisar pada bayi usia 6 bulan ke atas. Pada usia tersebut bayi akan mengalami tumbuh gigi pertamanya di bagian depan bawah maupun atas. Ini adalah tanda pertumbuhan yang normal akan tetapi bagi si bayi sendiri, ini adalah hal yang tidak nyaman sama sekali, karena bayi akan merasa gatal serta gampang tersinggung sampai menimbulkan nyeri.

Pada kondisi tersebut sangat mungkin jika bayi akan rewel dan terus menangis dan orang tua pada umumnya akan kewalahan menangani si bayi yang baru tumbuh giginya. Mungkin orang tua bisa melakukan cara mengatasi anak yang baru tumbuh gigi  di bawah ini. Sebagai orang tua anda dituntut untuk selalu sabar menghadapi anak anda, terlebih di saat-saat tumbuh kembangnya.

Cara Mengatasi Anak Yang Baru Tumbuh GigiCara Mengatasi Anak Yang Baru Tumbuh Gigi dengan Memberi Treatment Pada Gusi

Kemunculan gigi perdana pada bayi dapat ditandai dengan anak anda sering rewel dan menangis pada malam hari. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh suhu tubuhnya yang tidak lebih dari 39 derajat celcius. Mereka juga akan mengeluarkan air liur dan sering menggigit benda yang ada di sekitarnya. Ada cara yang dapat anda lakukan dengan mengusap gusi si bayi. Pastikan jika anda tidak memaksanya ketika hendak mengusap gusi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan jari ke dalam mulut bayi secara perlahan kemudian usap gusinya. Ini akan memberi kenyamanan pada bayi anda dan bayi anda tidak akan rewel lagi.

Cara Mengatasi Anak Yang Baru Tumbuh Gigi dengan Memberi Mainan Aman

Kebiasaan bayi yang cenderung akan menggigit benda di sekitarnya ini dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi anak yang baru tumbuh gigi. Anda dapat memberikan mainan yang dapat digenggam bayi dan digigitnya tanpa menimbulkan luka, salah satu mainan tersebut adalah teether. Anda dapat memberikan teether pada anak anda agar tidak terus menangis.

Namun hal terpenting yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan dari mainan tersebut. Bersihkan dulu teether untuk menghilangkannya dari kuman. Anda juga dapat memasukkan teether ke dalam kulkas terlebih dahulu, karena benda yang dingin akan membuat si bayi nyaman saat menggigitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top