Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Anak yang Batuk Berdahak

Cara Mengatasi Anak yang Batuk Berdahak

Simak Berikut Ini

Buahhati.co.id. Anak kecil memang dapat dibilang rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya belum bekerja sempurna. Terkadang sebagai orang tua, khususnya orang tua muda kita mudah sekali panik apabila melihat anak sakit. Batuk atau pilek merupakan penyakit yang pasti pernah dialami oleh anak kecil. Meskipun hanya sakit batuk atau pilek, kita sudah bisa panik tak karuan dan langsung membawanya ke dokter.

Padahal ada beberapa tips khusus untuk cara mengatasi anak yang batuk berdahak. Batuk berdahak ini ternyata bisa juga disebabkan oleh alergi. Oleh sebab itu, kita harus lebih memperhatikan anak dan harus sigap mengetahui alergi si anak.

Cara Mengatasi Anak yang Batuk Berdahak

Cara Menanggulangi Batuk Berdahak :

  1. Berikan pakaian hangat agar tubuh anak lebih merasa nyaman. Pakaian hangat juga dapat menolak mikroorganisme atau udara dingin tidak mudah masuk menembus kulit luar atau pori-pori kulit anak.
  2. Oleskan dada dan sekitar tenggorokan dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu berikan juga pijatan hangat di bagian punggung anak. Pijatan akan membuat tubuh anak menjadi lebih rileks dan minyak kayu putih bisa menghangatkan tubuh serta dapat juga membuat napas lebih lega sehingga dahak yang berada di daerah kerongkongan akan mudah dikeluarkan.
  3. Berikan makanan dengan gizi seimbang dan berikan juga buah yang lebih agar vitamin alami dapat diserap oleh tubuh. Sehingga daya tahan tubuh akan meningkat.

Namun Perhatikan Bila Anak Batuk Berdahak Mengeluarkan Lendir Hijau atau Kuning

Bila anak sudah mengeluarkan dahak dengan warna hijau atau kuning disertai juga oleh bau dan batuk makin parah ketika malam tiba, maka Anda sudah harus menanggapi dengan serius. Bawalah anak anda ke dokter dengan segera. Anak akan mengalami sesak, nyeri dada, suara serak, turun berat badan dan bahkan bisa mengalami demam bila Anda tidak segera membawanya ke dokter.

Itulah cara mengatasi anak yang batuk berdahak, Anda tidak bisa menanggapi sepele tetapi tidak juga harus ditanggapi berlebihan. Temukan dulu gejalanya, baru kemudian bertindak seperti seharusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top