Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak yang Berkebutuhan Khusus

Cara Mengatasi Anak yang Berkebutuhan Khusus

Tips

Buahhati.co.id. Cara mengatasi anak yang berkebutuhan khusus sangat penting diketahui bagi para ibu yang memiliki anak istimewa. Anak autis pun termasuk ke dalam kategori anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK). Ciri-ciri adalah anak anak yang memiliki karakteristik yang khusus dan memiliki perilaku yang berbeda dengan anak sewajarnya baik dari segi mentalnya, maupun dari segi fisik atau emosi.

Anak anak yang termasuk ke dalam kategori berkebutuhan khusus adalah tunarungu, tunanetra, tunagrahita, tunalaras, tunadaksa, gangguan perilaku, kesulitan belajar, anak berbakat khusus, dan juga anak-anak yang mempunyai gangguan kesehatan. Jika anda memiliki buah hati yang berkebutuhan khusus, kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasinya agar mampu bersaing dengan anak pada umumnya.

Cara Mengatasi Anak yang Berkebutuhan Khusus

Cara Mudah Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Anak yang berkebutuhan khusus harus diperlakukan secara berbeda karena memang memiliki kebutuhan yang berbeda dengan biasanya. Sebagai orang tua, kita memang harus memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta kita. Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dituntut untuk lebih terbuka kepada anaknya. Sikap terbuka ini seperti mau menerima apa adanya mengenai kondisi dan keadaan sang anak.

Anak yang memiliki kebutuhan khusus sebenarnya hampir sama dengan anak yang biasanya, justru mereka biasanya malah memiliki kelebihan. Misalnya saja, anak autis biasanya cenderung lebih cerdas dibandingkan dengan anak pada umumnya. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal bagaimana orang tua berusaha menemukan dan mengembangkan kelebihan sang anak.

Cara Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak yang memiliki kebutuhan khusus harus diberikan perhatian dan pengawasan yang ekstra. Hal ini kita lakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan sang anak. Apabila perkembangan fisik serta mental anak tidak mengalami pertumbuhan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ahli atau bisa juga ke psikolog agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Terkadang kita memang membutuhkan orang-orang yang ahli untuk cara mengatasi anak yang berkebutuhan khusus. Kesabaran dan keteguhan adalah kunci bagi para ibu yang memiliki kebutuhan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top