Info Buah Hati
You are here: Home » Psikologi » Cara Mengatasi Anak Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Anak Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Anak Yang Bermasalah dan Penyebabnya

Buahhati.co.id. Cara mengatasi anak yang bermasalah – Tidak selalu masa remaja berjalan mulus seperti yang diperkirakan oleh para orang tua. Permasalahan memilih teman, memiliki prestasi yang memuaskan, menjaga hubungan baik dengan para guru dan masyarakat, dan belum lagi masalah hubungan asmara adalah beberapa hal yang dihadapi di masa remaja.

Banyak orang yang mengatakan bahwa masa remaja atau masa pubertas ini adalah masa di mana seseorang mencari jati diri. Nah, pada proses pencarian jati diri ini, anak perlu bimbingan dan pengawasan yang sewajarnya dari orang tua agar tidak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bermasalah. Dalam artikel sederhana ini akan diuraikan bagaimana cara mengatasi anak anak yang bermasalah.

Cara Mengatasi Anak Yang Bermasalah

Cara Mengatasi Anak Yang Bermasalah

Apakah anak anda termasuk ke dalam kategori anak yang bermasalah?Jika iya, anda memang harus mulai memberikan perhatian ekstra kepada anak anda. Perhatian yang diberikan oleh orang tua pun harus disesuaikan dengan kebutuhan sang anak. Tak perlu mengawasi sang anak selama 24 jam penuh, hanya berikan pemahaman-pemahaman yang mudah diterima dan dicerna anak.

Untuk meningkatkan prestasi anak, orang tua juga harus mendukung belajar sang anak. Berikanlah motivasi-motivasi yang membuat anak anda yang bermasalah tersebut merasa tertantang dan semangat belajar.

Penyebab Anak Bermasalah

Untuk mengetahui secara lebih jelas bagaimana cara mengatasi anak yang bermasalah, lebih jelasnya kita ketahui dulu apa sebenarnya penyebab anak menjadi bermasalah. Dengan mengetahui penyebabnya, orang tua pasti mampu mencarikan solusi yang tepat untuk sang anak. Berikut adalah beberapa penyebab anak menjadi bermasalah:

  1. Kurang mengerti materi pelajaran
  2. Anak-anak yang kurang mengerti materi pelajaran dan dipaksa untuk mengerti materi pelajaran biasanya akan merasa sangat tertekan. Oleh karena itu, biasanya anak anak tersebut mencari pelampiasan dari masalah yang membuatnya menjadi anak yang bermasalah. Solusi dari permasalahan ini adalah orang tua harus memberikan teknik belajar yang tepat untuk anak.
  3. Lingkungan bermain yang buruk
  4. Anak-anak sering sekali terjerumus dalam pergaulan dan lingkungan yang salah, oleh karena itu, perhatian orang tua kepada anak sangat dibutuhkan agar anak tidak menyimpang ke hal-hal yang negatif.
  5. Beban emosi yang terpendam
  6. Kurang mendapat kasih sayang dan perhatian dari orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top