Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Cemburu Pada Adiknya

Cara Mengatasi Anak Yang Cemburu Pada Adiknya

Cara Mudah Mengatasi Anak Yang Cemburu Pada Adiknya

Buahhati.co.id. Rasa cemburu merupakan hal yang manusiawi, luapan emosi seseorang atas rasa sayangnya. Cemburu tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, sepasang kekasih misalnya, tapi juga dirasakan oleh anak kecil. Anak kecil belum paham arti cemburu itu seperti apa tetapi dapat dirasakannya. Rasa cemburu muncul saat anak mulai memasuki usia batita. Cemburunya timbul saat dia memiliki adik sehingga perhatian orang tua terbagi tak lagi tertuju pada dirinya saja.

Sehingga dia cenderung lebih bersikap manja, cengeng, lebih emosi, agar mendapat perhatian lebih dari kedua orang tuanya. Nah, para ayah dan bunda harus pintar menyikapi dalam cara mengatasi anak yang cemburu pada adiknya.

Cara Mengatasi Anak Yang Cemburu Pada Adiknya

Cara Meredam dan Mengatasi Anak Yang Cemburu Pada Adiknya

Untuk mengatasi rasa cemburu si buah hati, anda tak perlu cemas, berikut ini ada cara mudah mengatasi rasa cemburu anak :

  1. Ajak si buah hati untuk terlibat selama kehamilan adiknya. Kenalkan si kecil tentang kehadiran adiknya. Berikan pemahaman padanya tentang adiknya, sehingga dia merasa tidak diabaikan dan dapat menumbuhkan rasa sayang akan kehadiran adiknya.
  2. Turut melibatkan si buah hati dalam mengurus adiknya. Dengan itu, dia akan merasa senang dan sayang kepada adiknya. Ajari dia dengan menyuruhnya bernyanyi ketika adiknya menangis ataupun menemani adiknya saat minum susu.
  3. Jangan merubah jadwal kegiatan anda dengan si buah hati saat kehadiran adiknya. Hal itulah yang memicu rasa cemburu. Jalani seperti biasa, libatkan selalu dia dengan adiknya sehingga terjadi keakraban di antara mereka.

Hindari Emosi Dalam Mengatasi Anak Yang Cemburu Pada Adiknya

Jangan mudah tersulut emosi kepada si buah hati ketika dia cemburu kepada adiknya. Jangan pernah anda membentak ataupun memukul si buah hati atas kelakuannya. Tetapi tanggapilah dengan sikap bijak, tenang dan beri dia pengertian. Sehingga perlahan, dia akan mengerti dan mulai menghilangkan rasa cemburunya. Jangan ditanggapi dengan kasar dan emosi, justru menimbulkan kebencian dan memperburuk hubungan. Selamat menerapkan cara mengatasi anak yang cemburu pada adiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top