Info Buah Hati
You are here: Home » Psikologi » Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng dan Penakut

Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng dan Penakut

Buahhati.co.id. Terkadang sebagai orang tua, memiliki kekeliruan dalam hal menerapkan didikan kepada si buah hati. Bermaksud untuk membuat anak menjadi kuat dan tangguh malah justru menjadikan anak menjadi seorang yang cengeng dan penakut.

Tentunya orang tua menginginkan anaknya kuat dan tanggung apalagi anak laki – laki. Jangan menjadikan anak terlihat lemah dan takut. Kali ini, ada cara tepat mengatasi anak yang cengeng dan penakut.

Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng dan Penakut

Cara Tepat Mengatasi Anak Yang Cengeng dan Penakut

Untuk ayah dan bunda yang merasa bingung dan khawatir menghadapi si buah hati yang cengeng dan penakut Berikut ini ada cara yang tepat untuk mengatasi anak yang cengeng dan penakut :

  1. Beri keyakinan dan besarkan hatinya

Saat si buah hati jatuh lalu menangis ataupun dia merasa takut akan sesuatu lalu menangis padahal yang ditakutkannya itu bukanlah hal yang ngerikan dan membahayakan, jangan membentak, memarahinya, ataupun membuatnya malu di depan umum. Tetapi beri keyakinan bahwa dia mampu melakukannya, tak perlu takut, besarkan hatinya agar dia merasa percaya diri dan tidak merasa minder akan sesuatu hal. Dukungan orang tua tentu saja sangat berperan sehingga dia merasa terlindungi bukan berarti menjadi manja.

  1. Jangan menakutinya

Menakuti anak – anak akan sesuatu misalnya ada hantu, orang gila ataupun hal yang lain. Dapat membuat anak menjadi trauma bukan membuat menjadi kuat. Jangan lakukan hal ini karena justru dapat menambah rasa takutnya sehingga dia menjadi lemah lalu hanya mampu menangis bukan menumbuhkan rasa keberanian dan tangguhnya.

  1. Berikan pelatihan

Ajak si kecil ikut pelatihan atau bermain outdoor bersama anak – anak seusianya, seperti outbound. Selain melatih sosialisasi bersama teman sebaya, kemandirian, juga melatih keberanian dan mental anak.

Kunci Penting Mengatasi Anak Yang Cengeng dan Penakut

Kunci dalam dan penakut adalah peranan orang tua dalam mendidik anak. Setiap anak memang memiliki karakter masing – masing, tetapi itu semua tak luput dari peran didikan orang tua yang seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top