Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Cerewet

Cara Mengatasi Anak Yang Cerewet

Tips Ampuh Cara Mengatasi Anak Yang Cerewet

Buahhati.co.id.  Anak – anak yang sudah mulai lancar berbicara biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Hingga sering menanyakan pertanyaan yang sepele bahkan sampai ke pertanyaan yang di luar nalar kita. Oleh karena, itu anda harus lihai untuk menjawab pertanyaan si buah hati anda dengan kalimat sederhana dan mudah dimengerti. Nah, berikut ini cara mengatasi anak yang cerewet.

Sikap dan Cara Mengatasi Anak Yang Cerewet Yang Tepat

Cara Mengatasi Anak Yang Cerewet

Mungkin karena terlalu cerewetnya si buah hati dengan begitu banyak pertanyaan yang meluncur, terkadang orang tua tidak memberikan jawaban yang benar. Hal itu merupakan hal yang salah sehingga dapat berdampak buruk pada anak. Mari, simak sikap dan cara yang tepat menanganinya :

  1. Menghargai setiap pertanyaan anak

Setiap pertanyaan yang ditanyakan anak kepada anda, sikapilah dengan baik dengan menghargainya. Sehingga hubungan komunikasi anak dengan orang tua terjalin baik.

  1. Jangan memberikan jawaban yang bohong

Jangan pernah sekali – kali anda membohongi anak. Dengan demikian, hal itu akan menjadi contoh baginya hingga dia dewasa kelak. Alangkah baiknya, bila pertanyaannya tak bisa anda jawab, cari jawabannya bersama atau minta dia untuk bertanya kepada orang lain seperti pada gurunya.

  1. Jangan bersikap kasar pada anak

Anda tak perlu bersikap kasar pada anak atas sejumlah pertanyaannya. Justru, anak yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, merupakan anak yang cerdas. Ajari si buah hati dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami.

  1. Memberikan ruang bebas pada anak

Berikan ruang bebas buah hati tentang apa yang ingin diketahuinya. Jangan sampai anda mematikan rasa ingin tahunya, itu sama halnya anda membunuh kreativitasnya. Bimbing dan arahkan anak dengan hal yang positif.

Peran Penting Orang tua Dalam Cara Mengatasi Anak Yang Cerewet

Dari cara mengatasi anak yang cerewet di atas, peranan orang tua memiliki peran yang besar dalam mengembangkan kecerdasan anak. Karena segala bentuk informasi yang didapatinya pada usia dini memiliki dampak yang besar pada IQ.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top