Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Malas Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Makan Sehari hari

Anak yang susah makan akan sangat merepotkan orang tua, apalagi kalau orang tua tersebut tidak tahu apa penyebab dibalik semua permasalahan hilangnya nafsu makan yang diderita sang anak. Biasanya karena si anak sedang sakit, gigi baru tumbuh, tidak berselera dan masih banyak lagi. Yang ditakutkan ketika anak tidak makan adalah daya tahan tubuhnya melemah sehingga mudah terkena serangan virus atau bakteri dari luar. Oleh karena itu disini akan diberikan beberapa info terkait cara mengatasi anak yang malas makan dengan rinci.

Cara Mengatasi Anak Yang Malas MakanCara Mengatasi Anak Yang Malas Makan Teratur

Ada 3 cara yang dirasa paling tepat untuk menangani permasalahan anak yang sulit sekali disuruh makan dengan teratur.

  • Keanekaragaman makanan perlu ditingkatkan. Mungkin seorang anak tidak selera makan bisa jadi disebabkan oleh menu makanan sehari – hari yang terkesan monoton itu – itu saja. Coba para ibu mencoba mengkreasikan sayuran menjadi nugget kah atau bentuk lain yang disukai sang anak agar hasrat makannya kembali seperti sedia kala.
  • Masak bersama anak. Anak yang tidak punya nafsu makan mungkin karena apa yang ingin dilakukannya tidak diperbolehkan, semisal masak. Orang tua khawatir saat masak bersama anak nanti malah terkena percikan minyak dan berbahaya. Namun jika anda masak yang ringan – ringan saja dan dalam pengawasan tentunya ini bukan hal yang dilarang. Bagus kalau mereka mau, biar bisa menambah pengalaman memasak mereka.
  • Kasih hadiah saat makan. Orang tua memang harus bekerja ekstra saat si anak tidak mau makan. Cara terampuhnya dengan pemberian hadian atau reward kepada mereka saat mau makan secara teratur. Reward nya pun tidak usah yang mewah – mewah tapi yang memang dia butuhkan saat itu. Misal mainan, alat tulis dan lain – lain.

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Makan Secara Teratur

Itu lah 3 cara mengatasi anak yang malas makan yang dikira paling tepat dalam penanganan yang efekti. Coba dan rasakan perbedaan sebelum dan setelahnya. Demikian saja artikel ini membahas masalah tersebut dengan rinci, semoga bisa bermanfaat artikelnya buat ibu-ibu sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top