Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Malas Sekolah

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Sekolah

Trik Jitu Cara Mengatasi Anak Yang Malas Sekolah

Sekolah merupakan tempat dimana anak – anak bertemu dan berkumpul dengan teman sebaya mereka untuk mendapatkan ilmu dan bermain. Bagi usia anak – anak, rasa malas sekolah biasanya seringkali menjumpai mereka dengan berbagai penyebab. Misalnya;

  1. Malas Bangun. Malas bangun pagi adalah salah satu kegiatan buruk yang seringkali dilakukan oleh anak – anak saat hendak pergi ke sekolah. Biasanya mereka rewel dan meminta untuk tidak masuk sekolah pada hari tersebut.
  2. Malas Mandi. Selain malas bangun, malas mandi menjadi salah satu penyebab mengapa anak menjadi malas sekolah, alasan yang dikeluarkan pun sangat beragam. Pertama, mereka mengatakan bahwa airnya dingin, kedua mereka mengatakan masih mengantuk, dan ketiga mereka mengatakan malas untuk beranjak dari tempat tidur.
  3. Ada PR. Selain dari malas bangun tidur dan malas mandi, hal lainnya yang menjadi penyebab anak anda susah untuk pergi ke sekolah ialah adanya PR yang diberikan oleh salah satu guru disekolahan. Alasan – alasan seperti inilah, yang seringkali dijumpai para orangtua ketika hendak membangunkan anaknya untuk pergi sekolah. Untuk itulah, anda sebagai orang tua harus memiliki trik jitu cara mengatasi anak yang malas sekolah.

Cara Mengatasi Anak Yang Malas SekolahCara Mengatasi Anak Yang Malas Sekolah Dengan Memberikan Jam Weker

Sebagai orang tua, anda harus mengajari anak untuk disiplin dengan waktu. Jika anak anda sulit untuk dibangunkan saat hendak pergi ke sekolah, ada baiknya anda memberikan jam weker kepada anak anda. Salah satu pemberian jam weker ini dianggap ampuh, sebagai salah satu alarm untuk membangunkannya dengan nada yang nyaring dan berisik. Peletakan jam weker pun harus diperhatikan dengan benar oleh orang tua, taruhlah jam weker di atas dinding yang tidak bisa ia capai. Jika suasana dan keadaan kamarnya berisik, maka mau tidak mau anak akan bangun dan segera bergegas ke sekolah.

Cara Mengatasi Anak Yang Malas Sekolah Yang Bisa Di Lakukan Orang Tua

Cara mengatasi anak yang malas sekolah yang bisa dilakukan oleh orang tua lainnya ialah dengan mengetahui perkembangan disekolahnya. Tanyakan pada anak anda, atau pada wali kelasnya mengenai perkembangan anak anda. Jangan sampai, suasana sekolah dan didalam kelas membuat anak anda tidak nyaman.

Seperti yang kita ketahui bahwa semakin hari prakter  bully kepada anak semakin merejalela saja. Untuk sebagian orang, bully atau bercanda yang dilakukan oleh teman sebaya adalah hal sebaya. Namun, bagi sebagian orang lainnya, ha tersebut bisa mempengaruhi dan merubah mental psikis anak. Setelah mengetahui permasalahan dengan membicarakannya pada anak anda, berikanlah nasihat dan teguran pada anak anda b=yang bersifat membangun.

Anda tak perlu khawatir, karena takut anak anda mrasa tertekan. Justru, pendekatan dengan orang tua inilah yang membuatnya bisa tampil lebih percaya diri dan siap menerima bayak kemungkinan buruk diluar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top