Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Pendiam

Cara Mengatasi Anak Yang Pendiam

Cara Mengatasi Anak Yang Pendiam dan Pemalu

Anak merupakan karunia yang tak terbatas yang diberikan oleh tuhan yang maha esa kepada anda pasangan suami istri. Anak sebagai titisan untuk meneruskan generasi pada keluarga anda sendiri. Otomatis anda akan mendidiknya supaya menjadi generasi keluarga yang patut dicontoh.

Oleh karena itu anak yang sifatnya pendiam cenderung akan dipaksa oleh orang tua nya untuk tidak pendiam atau pun pemalu lagi. Caranya pun beragam sekali untuk memperoleh hasil yang maksimal. Itu lah yang bakal dibahas pada artikel tentang cara mengatasi anak yang pendiam dan pemalu ini secara lengkap.

Cara Mengatasi Anak Yang PendiamCara Mengatasi Anak Yang Pendiam dan Pemalu Yang Efektif

Cara – cara berikut ini ada kalanya berhasil diterapkan orang tua yang menginginkan anaknya lebih aktif lagi saat berada di sekolah maupun di rumah, ikuti cara berikut ini.

  • Berteman dengan yang aktif. Saat anak yang pendiam dipasangkan dengan anak yang pendiam dan pemalu akan menghasilkan anak yang semakin pendiam pula. Maka dari itu teori berbanding terbalik harus dicoba yang mewajibkan anak aktif ditemani dengan anak yang tidak aktif alias pendiam. Dengan begitu mereka bisa saling mengontrol, si anak pendiam akan tergerak untuk berbicara sedikit demi sedikit karena ulah si anak aktif.
  • Bikin grup mini. Anak pendiam bisa karena mereka tidak tahan dengan teman yang terlalu banyak. Mereka jadi tidak bisa mengungkapkan dalam situasi kondisi ramai seperti itu. Makanya pembuatan kelompok belajar kecil itu penting untuk memberanikan dia berbicara didepan kelompok mininya itu. Perlahan tapi pasti mereka akan berkembang menjadi anak yang aktif.
  • Pasangkan dengan yang lebih muda. Merasa dirinya tua membuatnya lebih harus bertanggungjawab ke temannya yang lebih muda darinya. Tanpa disadari si anak pendiam pun langsung mencoba aktif untuk membantu anak yang lebih muda. Ini sudah ada penelitiannya, dan sukses.

Cara Mengatasi Anak Yang Pendiam dan Pemalu Yang Tepat

Jika anda merasa ada perubahan meskipun tidak terlalu banyak, bisa dikatakan program anda berjalan sukses. Lakukan saja terus menerus agar anak bisa semakin berkembang lagi. Semoga artikelnya dapat berguna buat kalian yang membutuhkan bahan bacaan tentang cara mengatasi anak yang pendiam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top