Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Anak Yang Susah BAB

Cara Mengatasi Anak Yang Susah BAB

Cara Mengatasi Anak Yang Susah BAB Yang Sehat

Terkadang, anak-anak mengalami masalah kesehatan pada pencernaannya. Salah satu masalah kesehatannya adalah susah buang air besar alias susah bab. Hal ini tentu akan sangat menganggu sang anak. Anak menjadi rewel dan tentunya susah untuk beraktivitas. Bahkan terkadang anak akan menjadi susah makan. Hal ini tentu akan membuat para orang tua menjadi khawatir.

Jika para orang tua memberikan obat untuk melancarkan bab sang anak, mereka takut obat tersebut akan membuat kesehatan pada anak mereka menjadi terganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang susah bab dengan sehat dan aman? Untuk mengetahuinya, artikel ini akan membahasnya secara merinci sehingga orang tua tidak perlu khawatir lagi jika anak mereka mengalami susah bab.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah BABCara Mengatasi Anak Yang Susah BAB Dengan Makanan

Cara mengatasi anak yang terganggu masalah babnya dengan makanan sangatlah mudah. Cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Cukupi asupan serat. Serat bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Jangan khawatir, buah dan sayur ini aman untuk kesehatan dan justru akan membuat kesehatan sang anak menjadi lebih bagus dan lebih sehat. Jadi untuk mengatasi bab, jangan lupa untuk selalu menyajikan sayur dan buah pada menu makan anak.
  2. Tambahkan cairan. Cairan disini berarti air putih. Anak-anak biasanya sulit untuk minum air putih. Jika memang demikian, air putih bisa diganti dengan jus buah seperti jus apel, jus pepaya dan sebagainya yang tentunya akan lebih menarik untuk anak-anak.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah BAB Yang Alami

Selanjutnya adalah cara mengatasi anak yang susah bab dengan cara yang alami. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk mengatasi susah buang air besar, cobalah untuk membiasakan anak untuk bab di toilet. Cobalah melatih anak untuk ke toilet setelah mereka makan selama kurang lebih 5-10 menit.
  2. Olahraga. Meskipun masih anak-anak, jangan lupa untuk membiasakan anak untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang lainnya. Selain untuk mengatasi sembelit, olahraga juga bisa menyehatkan tubuh.

Demikian, semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top