Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Susah Diatur

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Diatur

Mari Mencoba Cara Mengatasi Anak Yang Susah Diatur!

Terkadang, ada suatu keadaan yang menjadikan anak sangat susah diatur. Anak yang susah diatur ini membuat sulit kedua orang tuanya. Tidak heran, apabila muncul anak yang sulit diatur, orang tua pun rajin mencari sara, tips, dan cara mengatasi anak yang susah diatur. Apakah anak Anda juga merupakan anak dengan tipe tersebut? Tenanglah, berikut dua buah cara mengatasi permasalahan Anda. Selamat membaca!

Cara Mengatasi Anak Yang Susah DiaturCara Mengatasi Anak yang Susah Diatur: Membuat Peraturan di Rumah

Hal penting untuk mengantisipasi sifat anak yang susah diatur adalah membuat perjanjian dengan sang anak. Perjanjian tersebut dapat berupa peraturan tertulis. Peraturan tersebut berisi hal-hal yang harus dilakukan oleh anak dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh anak.

Tentunya, dalam pembuatannya, anak harus diikutsertakan. Setiap opini dan pendapatkan dievaluasi dan diberikan kejelasan mengenai hal yang benar. Di akhir pembuatan peraturan tersebut, anak harus idjanjikan untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat. Hal ini penting untuk melatih rasa tanggung jawab sang anak pula.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Diatur: Memberikan Konsekuensi atas Ketidakteraturannya

Namun, membuat peraturan saja belum cukup. Terkadang, meskipun telah memiliki peraturan tertulis yang ditempel di dalam rumah, anak masih saja berulah dan tidak mematuhi peraturan. Oleh karena itu, diperlukan pula sebuah konsekuensi ketika anak mulai susah diatur kembali. Konsekuensi ini dapat diaplikasikan sebagai hukuman kecil ketika anak tidak mematuhi peraturan yang Anda dan ia sepakati.

Konsekuensi tersebut tidak harus berat. Anda dapat menyesuaikannya dengan seberapa besar anak Anda melanggar perjanjian yang ia buat. Anda dapat memulainya dengan mengurangi sedikit uang sakunya, membatasi pembelian snack dan makanan ringan yang ia sukai di rumah, melarangnya memakan snack kesukaannya selama seharian penuh, ataupun menunda waktu liburan bersama.

Hal yang perlu Anda ingat, ketika ia mulai merengek dan meminta maaf, maka Anda pun  tidak boleh luluh. Anda juga harus mematuhi perjanjian dengan melaksanakan konsekuensi yang anak Anda peroleh. Buatlah ia memahami akan kesalahannya, sehingga ia pun jera. Semoga hal ini dapat menjadi salah satu tips dan cara mengatasi anak yang susah diatur secara mudah bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top