Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Mengaplikasikan Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Ada banyak sekali permasalahan yang muncul dalam mengurus anak. Salah satunya adalah anak yang sulit makan. Bagaimanakah cara mengatasi anak yang susah makan dengan baik? Lihatlah artikel berikut ini.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah MakanCara Mengatasi Anak yang Susah Makan: Ajak Ia Makan Bersama Keluarga

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajaknya makan bersama. Kebiasaan makan bersama sekeluarga di meja makan memberikan nilai positif dalam hidup seorang anak. Perlu Anda ketahui, dengan pembiasaan makan bersama ini, anak Anda akan memahami pentingnya makan. Ia melihat ayahnya. ibunya, dan saudaranya makan bersama sehingga dimungkinkan munculnya niat untuk makan pula.

Meskipun, pada akhirnya ia akan meminta bantuan ibunya, anak yang makan dengan keinginannya sendiri akan lebih mudah diatur daripada anak yang dipaksa untuk makan. Selain itu, ia pun akan merasa tidak ingin ketinggalan ketika melihat piring anggota keluarga lainnya mulai kosong. Pada umumnya, ia akan memberikan refleks cepat makan agar dapat selesai makan bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan: Jadikan Saat Makan Mirip Dengan Saat Bermain

Namun, jika cara diatas juga tidak membuahkan hasil yang baik, maka Anda dapat mencoba cara ini. Anda dapat menjadikan suasana makan bersama anak Anda menjadi suasana bermain yang asyik dan menyenangkan. Apabila anak Anda belum dapat makan dengan tangannya sendiri, Anda dapat menyuapinya sembari membentuk suara-suara lucu. Misalnya, Anda dapa berperan sebagai pesawat yang akan masuk ke dalam gua. Pesawat adalah makanan di sendok yang Anda pegang, sedangkan gua yang dimaksud adalah mulut anak Anda.

Wush… wush. Libatkan anak Anda dalam peran ini dan lihat hasilnya. Cara lainnya, apabila anak Anda sudah dapat makan dengan sendirinya, Anda dapat membentuk makanan yang Anda siapkan dengan bentuk yang menarik. Bunga-buang yang cantik, hewan-hewan yang lucu dan menggemaskan, serta beragam bentuk buah dan sayuran dapat Anda sajikan di piring anak Anda. Dengan bentuk yang menarik tersebut, anak Anda akan memiliki keinginan tambahan untuk memakan makanan yang Anda siapkan. Silakan buktikan sendiri cara mengatasi anak yang susah makan ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top