Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi Baru Lahir

Beberapa Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi Baru Lahir Yang Tidak Berbahaya

BuahHati.co.id. Bayi yang baru saja lahir pasti akan sangat mudah terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang bayi yang baru lahir adalah sakit mata. Sakit mata pada bayi yang baru lahir biasanya belekan. Belekan atau sakit mata ini terjadi karena beberapa sebab.

cara mengatasi sakit mata pada bayi baru lahir

Sebab-sebab tersebut antara lain karena infeksi jalan lahir, adanya virus atau bakteri, adanya radiasi alat-alat elektronik, penyumbatan air mata dan bisa jadi karena kekurangan vitamin A. Untuk cara mengatasi sakit mata pada bayi baru lahir, sebenarnya caranya cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Cara-cara tersebut cukup aman dan Anda tidak perlu khawatir akan mendatangkan efek samping. Jika Anda melakukannya dengan benar, pasti sakit mata pada bayi Anda bisa sembuh dan bisa hilang dengan sendirinya.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa apakah belek yang terjadi pada bayi Anda termasuk dalam belekan yang normal atau belekan yang berlebihan. Anda harus lebih peka terhadap kondisi mata bayi Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengusap-usap mata bayi Anda dari bagian dalam ke bagian luar dengan kapas yang sudah dicelupkan di air panas.

Usap-usap dengan perlahan dan jangan terlalu keras. Selanjutnya, Anda bisa menghindarkan bayi Anda dari debu-debu yang ada di sekitar bayi Anda. Caranya, Anda harus bisa menjaga kebersihan tempat tidur atau bagian rumah Anda agar tidak terlalu banyak debu yang nantinya akan membuat mata bayi Anda sakit.

Jika terjadi penyumbatan air mata, akan lebih baik Anda memijat bagian mata bayi Anda agar lebih bisa meminimalisir rasa sakit pada bagian mata bayi Anda. Saat memijat, Anda harus dalam keadaan yang bersih karena jika kotor, justru akan memperburuk keadaan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sakit mata pada bayi baru lahir yang aman dan tidak berbahaya untuk dilakukan. Intinya, asalkan Anda menjaga kebersihan bayi Anda, bayi Anda tidak akan mengalami sakit mata ataupun sakit yang lainnya. Sekian, semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top