Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Cara Menyembuhkan Penyakit Autis Pada Anak

Cara Menyembuhkan Penyakit Autis Pada Anak

Cara Menyembuhkan Penyakit Autis Pada Anak Dengan Terapi

BuahHati.co.id. Jika anak Anda sering melakukan aktivitas yang berulang-ulang, sulit diajak berkomunikasi dan emosinya tidak stabil, mungkin anak Anda menderita autis. Sebenarnya autis bisa di deteksi sejak anak masih berusia 6 bulan. Namun tak jarang yang mengetahui anaknya menderita autis saat anaknya sudah tumbuh besar.

cara menyembuhkan penyakit autis pada anak

Jika Anda bingung bagaimana cara menyembuhkan penyakit autis pada anak, sekarang sudah cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan terapi. Bagaimana proses terapinya? Sebelum mengatahuinya, mari membahas sedikit mengenai penyakit autis. Penyakit autis termasuk dalam penyakit gangguan perkembangan pervasif.

Anak yamg menderita autis biasanya akan memiliki tingkat kecerdasan yang kurang dan ada juga yang memiliki tingkat kecerdasan yang luar biasa. Nah, sekarang langsung saja ke terapi yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit autis pada anak.

Pertama adalah terapi ABA. Terapi ini akan menstabilkan anak autis dengan memberikan prinsip hadiah dan hukuman. Terapi ABA juga termasuk terapi yang sering dilakukan di Indonesia. Selanjutnya dengan terapi sosial. Terapi sosial ini akan mengajarkan anak autis untuk berkomunikasi secara 2 arah dengan teman sebaya mereka. Terapi sosial juga akan membuat anak autis memiliki teman.

Selanjutnya adalah terapi wicara. Terapi wicara ini bertujuan untuk melancarkan kemampuan komunikasi anak penderita autis. Kemudian ada terapi bermain. Terapi bermain adalah terapi untuk mengajari anak autis untuk melakukan permainan atau bermain selayaknya anak normal. Terapi ini akan sangat penting karena anak autis biasanya akan bermain tidak seperti anak normal. Dengan terapi bermain, akan mempermudah anak autis untuk bersosialisasi.

Selain terapi-terapi tersebut, terapi yang lain juga bisa dilakukan. Terapi yang lain tersebut adalah terapi okupasi, terapi fisik dan terapi perilaku. Silahkan pilih saja terapi mana yang kira-kira cocok untuk menyembuhkan penyakit autis pada anak Anda. Nah, itulah beberapa cara menyembuhkan penyakit autis pada anak. Anda juga harus selalu sabar untuk menghadapi anak yang autis. Hal terpenting dibutuhkan anak autis adalah kasih sayang yang tulus dari kedua orang tuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top