Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Cara Mudah Agar Anak Rajin Belajar

Cara Mudah Agar Anak Rajin Belajar

Dua Cara Mudah Agar Anak Rajin Belajar

Banyak sekali keluhan orang tua dalam hal mendidik anak dan masalah yang paling utama dan yang paling sulit adalah ketika si anak enggan atau sukar jika di ajak untuk belajar. Sebenarnya menanamkan sikap agar anak rajin belajar bisa ditanamkan ketika ia masih kanak-kanak. Cara mudah agar anak rajin belajar bisa dibiasakan ketika anak itu masih kecil atau masih kanak-kanak.

Dalam agama pun membisikan ayat-ayat ke dalam rahim si ibu bisa merangsang kecerdasan otak si anak dan hal itu terbukti dalam psikologi dimana seorang anak ketika sebelum lahir mulai dibisikan contohnya dengan alunan musik ternyata bisa meningkatkan kecerdasan sosial si anak. Kecerdasan anak ini bisa dibawa dari faktor genetik dan bisa dibawa dari rangsangan sebelum ia dilahirkan.

Cara Mudah Agar Anak Rajin BelajarAgar si anak rajin belajar jangan pernah menjawab pertanyaan anak dengan singkat

Contohnya ketika anak usia dini bertanya mengenai sesuatu yang membuat dia penasaran. Anda jangan menjawab dengan jawaban singkat, jangan menjawab dengan pernyataan yang ketus atau membentak dia karena hal itu bisa menurunkan semangat anak.

Contohnya dengan perkataan “ aduh berisik sekali nak, lanjutkan saja makannya jangan banyak tanya “. Perkataan seperti itu mungkin bisa menurunkan semangat anak dan mungkin akan merasa takut jika bertanya lagi. Ketika anak usia dini bertanya walaupun bertele-tele jawablah pertanyaan tersebut hingga anak tersebut puas. Jika anak sering bertanya maka kecerdasannya akan semakin terolah.

Agar anak rajin belajar alias ketagihan lakukan beberapa metode pembelajaran

Beberapa penelitian mengatakan melakukan metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dan dapat merangsang anak untuk ketagihan dalam belajarnya. Contohnya seorang guru di kelas mengajar dengan menggunakan metode snow balling, jigsaw, main mapping, dan lain-lain.

Manfaat dari penerapan metode tersebut bisa membuat anak belajar dengan asyik. Cara mudah agar anak rajin belajar tersebut bisa diterapkan mulai dari sekarang oleh para ibu dan para guru. Karena menuntut ilmu atau belajar diwajibkan sepanjang hayat. Usahakan anak anda jangan sampai belajar hanya di sekolah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top