Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Tips Agar Bayi Rajin Menyusu

Tips Agar Bayi Rajin Menyusu

Enam Tips Agar Bayi Rajin Menyusu

BuahHati.co.id. Mempunyai anak adalah impian bagi semua orang tua. Untuk Anda para Ibu muda, utamakanlah ASI sebagai asupan bergizi untuk si kecil. Tentunya ada tips agar bayi rajin menyusu yang berguna untuk buah hati Anda agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan.

tips agar bayi rajin menyusu

Tips ini harus dilakukan secara rutin oleh Ibu menyusui. Pertama, diri Anda haruslah rileks. Dengan tubuh yang santai, si kecil akan lebih terasa nyaman ketika sedang menyusu. Selain itu tubuh yang rileks membuat produksi air susu lebih lancar dan deras. Kedua, rajin-rajinlah memberikan susu ASI dengan tidak mencampur dengan susu formula. Bila air susu ibu lebih sering dihisap sang anak, maka semakin banyak juga produksi susu yang dihasilkan. Dengan begitu, anak akan lebih cenderung menyukai ASI ketimbang susu formula.

Cara ketiga ialah sering meminum air. Banyak minum akan terhindar dari dehidrasi. Selain meminum air putih, Anda juga bisa meminum jus buah dan sayur yang menyehatkan. Dengan begitu Anda akan lebih sehat dan si kecil pun menjadi lebih gemar menyusu karena asupan gizi yang dikonsumsi ibu sangatlah cukup.

Keempat, ini merupakan tips agar bayi rajin menyusu yang paling penting yaitu jangan merokok. Jangan sekali-kali Anda menyusui dengan kebiasaan merokok yang masih dilakukan. Merokok bukan hanya berbahaya, tetapi juga mengurangi pasokan air susu. Rasa air susu nya pun akan berbeda jadi si kecil menjadi tidak mau untuk menyusu.

Kelima, untuk ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan sehat empat sehat lima sempurna. Daun katuk memang dikenal lebih meningkatkan produksi ASI, namun bukan berarti memakan daun katuk setiap hari dan mengabaikan gizi yang lain. Makanan yang mengandung mineral juga membantu memperlancar ASI seperti kacang-kacangan dan buah-buahan.

Dan terakhir, hindari mengkonsumsi pil KB yang mengandung estrogen. Estrogen adalah zat yang dapat mengganggu produksi ASI. Oleh karena itu gunakanlah alat kontrasepsi yang lebih aman untuk kenyamanan si kecil menyusu. Selamat mencoba tips agar bayi rajin menyusu, semoga sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top