Info Buah Hati
You are here: Home » Uncategorized » Tips Agar Bayi Rutin BAB

Tips Agar Bayi Rutin BAB

Berikut Tips Agar Bayi Rutin BAB

BuahHati.co.id. Setiap orang yang BAB nya rutin dan teratur dapat dikatakan bahwa dirinya memiliki sistem tubuh yang sehat. Sama halnya dengan seorang bayi. Indikator bayi sehat pencernaannya adalah saat BAB nya rutin dan teratur. Namun, tak sedikit bayi yang juga mengalami masalah pada pencernaannya seperti orang dewasa.

tips agar bayi rutin BAB

Terutama ibu-ibu yang baru pertama memiliki bayi pasti akan khawatir karena bayinya tidak rutin dan teratur mengeluarkan kotorannya. Kekhawatiran ibu-ibu tidak akan menyelesaikan masalah, untuk itu janganlah langsung panik. Karena memang pada dasarnya usus bayi lebih sensitif dibanding usus orang dewasa, sehingga menyebabkan sang bayi memerlukan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan keadaan. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai tips agar bayi rutin BAB.

Beberapa ahli mengatakan bahwa bayi bisa tidak teratur BAB nya karena pertumbuhan mereka yang mengalami percepatan. Hal itu adalah keadaan yang wajar dialami oleh bayi berusia 2 hingga 4 bulan. Normalnya, bayi yang berusia baru saja lahir akan buang air sampai 4 kali sehari. Kondisi banyaknya BAB pada bayi tersebut akan berlangsung sampai sang bayi berusia 7 hari.

Nah, untuk bayi yang berusia 2 tahun, normalnya untuk tiap harinya akan BAB sebanyak 1 atau 2 kali. Sedangkan untuk anak yang berusia di atas 2 tahun atau sekitar 4 tahun hampir sama dengan orang dewasa yaitu BAB sekitar 1 kali setiap harinya. Lalu, seperti apa tips agar bayi rutin BAB?

Berikut beberapa tips agar bayi rutin BAB, antara lain yaitu memberikan ASI. Di sinilah manfaat ASI yang dapat memperlancar buang air besar pada bayi. ASI sendiri mengandung kolostrum yang dapat membantu memperlancar pencernaan bayi.

Selain itu dengan memberikan pijatan lembut pada perut bayi kita. Gunakan minyak kelapa untuk memberikan rasa hangat di perut bayi kita. Selanjutnya dengan merendam tubuh bayi kita ke dalam air hangat. Air hangat terbukti dapat meregangkan otot-otot di dalam tubuh dan menenangkan tubuh, sehingga dapat mempermudah sang bayi untuk mengeluarkan kotorannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top