Info Buah Hati
You are here: Home » Panduan Bunda » Tips Bayi Agar Cepat Tengkurap

Tips Bayi Agar Cepat Tengkurap

Tips Bayi Agar Cepat Tengkurap Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik

BuahHati.co.id. Membiasakan bayi untuk melatih diri agar bisa tengkurap adalah tugas dari orang tua khususnya ibu. Karena hal ini adalah aktifitas bayi yang wajib dilatih sejak dini sejak bayi berusia satu bulan. Banyak manfaat dari anda melatih bayi untuk menengkurapkan sejak dini, diantaranya manfaat yang bisa didapatkan ialah melatih kekuatan leher, punggung, dan otot pada bagian tubuh.

tips bayi agar cepat tengkurap

Menengkurapkan bayi membantu memberi kesempatan kepada bagian belakang tubuh untuk mendapatkan istirahat. Dalam hal ini aktifitas tersebut juga mampu mengembangkan kemampuan motorik sang anak mulai dari melakukan gerak secara perlahan.

Oleh karena itu, sang ibu perlu sekali melatih bayi untuk bisa tengkurap. Anda bisa menggunkan tips bayi agar cepat tengkurap dengan langkah yang relatif mudah dan tidak membahayakan bayi. Dengan begitu bayi bisa terbebas dari resiko salah gerak, dan membantu bayi mudah melakukan gerak tengkurap dengan cepat dan mudah.

Tips bayi agar cepat tengkurap bisa anda coba mulai dengan langkah berikut ini :

  • Berikan ruang gerak pada bayi. Hal ini dilakukan agar bayi bisa bergerak bebas untuk membiasakan diri melakukan gerak secara perlahan. Namun ada hal yang tidak boleh terlalu banyak dilakukan seperti membungkus bayi dengan kain, karena hal tersebut dapat menghambat gerak bayi.
  • Pancing saat sedang menyusui. Maksudnya ialah saat bayi sedang menyusui usahakan untuk memberikan ASI dengan posisi miring ke bagian kiri dan kanan secara bergantian atau anda bisa memanggilnya baik dari sisi kanan dan kirinya agar sang bayi terbiasa dengan gerak tersebut.
  • Tanggap jika bayi sudah mulai melakukan gerak miring. Hal ini dilakukan agar ibu bisa membantu bayi melakukan tengkurap secara perlahan. Jika bayi sudah melakukan reflek hampir tengkurap sebaiknya sang bayi ditengkurapkan selama 3-5 menit agar bayi tau bagaimana rasanya tengkurap. Karena dengan begitu lama-lama ia akan menyukai posisi tersebut dan mencoba ingin tengkurap lagi karena rasa penasaranya.
  • Latihlah bayi dengan gerak tengkurap. Hal ini perlu dilakukan oleh seorang ibu, karena sang bayi akan memperhatikan gerak ibunya secara perlahan. Untuk itu biasakan melakukan gerak ini saat anda sedang berada di kasur bersama anak.
  • Lakukan pemijatan. Setelah anak sudah melakukan tahap tengkurap secara perlahan dengan memiringkan badanya tentu anda merasa tidak tega dengan hal tersebut karena takut leher dan kepalanya merasa pegal dan tanganya tertindih. Untuk itu perlu adanya pemijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah.

Itu saja tips bayi agar cepat tengkurap dengan mudah, semoga cara ini dapat membantu anda memudahkan bayi bergerak tengkurap dengan aman dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top