Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Tips Memberikan Obat Pada Bayi Agar Tidak Muntah

Tips Memberikan Obat Pada Bayi Agar Tidak Muntah

Apa Sih Tips Memberikan Obat pada Bayi Agar Tidak Muntah?

BuahHati.co.id. Kenapa sih, anak selalu menolak minum obat? Ya, sering kali para orang tua mengeluhkan hal ini. Padahal orang tua menginginkan anaknya sembuh dari sakit dengan minum obat. Tapi sang anak sering kali menolak untuk minum obat. Ini memberikan pekerjaan rumah tersendiri bagi para orang tua dalam memberikan anak obat.

tips memberikan obat pada bayi agar tidak muntah

Anak sering kali menolak minum obat dengan alasan pahit dan terkadang anak sampai muntah setelah meminum obat. Bagaimana jika yang sakit adalah bayi Anda? anak yang masih sangat kecil harus sampai memuntahkan obat. Pasti kekhawatiran akan muncul. Lalu bagaimana sih tips memberikan obat pada bayi agar tidak muntah? Yuk, intip tipsnya dibawah.

Tips memberikan obat pada bayi agar tidak muntah sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Yang terpenting adalah Anda tahu tipsnya. Jika muntah saat memberikannya obat terjadi pada bayi Anda, Anda dapat melakukan tips-tips yang ada dibawah sini. Pertama berikanlah obat bertahap sedikit demi sedikit entah dari obat jenis sirup, puyer, maupun tetes.  Tambahkan sedikit air pada jenis obat puyer dan sirup.

Untuk obat jenis puyer tambahkanlah air sedikit banyak, karena obat puyer memiliki rasa pahit. Dengan sedikit banyak air yang ditambah akan meminimalisir rasa pahit yang ada. Hal ini dimaksudkan agar sang bayi dapat dengan mudah mengkonsumsi kedua jenis obat tersebut. Sama seperti kedua jenis obat puyer dan sirup, obat tetes juga harus diberikan setetes demi setetes agar tidak tersedak.

Ketika semua tips diatas dilakukan, perhatikan pula cara memberikan obat pada sang bayi. Pertama pastikan bahwa kepala bayi berada lebih tinggi dari posisi tubuh. jangan membiarkannya dalam posisi tidur saat Anda memberikannya obat.

Akan lebih baik jika sang bayi ada di posisi pangkuan Anda atau pun dalam gendongan Anda. Selanjutnya tips memberikan obat pada bayi agar tidak muntah dalam cara pemberiannya adalah jangan memaksakan obat agar diminum sang bayi secara berlebihan.

Salah satunya yang sering dilakukan para orang tua adalah penyumbat saluran pernapasan dengan memencet hidung. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena akan membuat sang bayi tersedak. Nah, tips-tips di atas dapat Anda lakukan jika bayi Anda dalam kondisi tidak enak badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top