Info Buah Hati
You are here: Home » Kesehatan » Tips Merawat Gusi Pada Bayi

Tips Merawat Gusi Pada Bayi

Menjaga kesehatan daerah mulut, tentu sudah pasti menjadi kewajiban setiap orang. Tidak hanya orang dewasa, seorang bayi juga harus selalu terjaga kesehatan mulutnya. Agar nantinya kesehatan mulut pun bisa terjaga. Apalagi, dimasa ini nanti akan tumbuh gigi susu yang kemudian akan diganti dengan gigi dewasa yang bila tidak dijaga kesehatannya. Tentu akan membuat gigi dewasa mudah bolong dan rusak.

Tips Merawat Gusi Pada Bayi

Untuk merawat kesehatan mulut pada bayi, tugas orang tualah yang menjaga kesehatan mulut mereka agar daerah sekitar didalam mulut mereka bisa tetap bersih terawat. Seperti merawat gusi sang anak yang memang biasanya terlupakan oleh para orang tua untuk selalu dijaga kebersihannya.  Gusi merupakan bagian mukosa mulut yang terdiri dari jaringan ikan mulut. Memiliki gusi yang sehat, tentu bisa membantu sang anak untuk tidak gampang sakit. Ciri-ciri gusi bayi anda sehat bisa dilihat dari warnanya yang merah muda, permukaan gusi terdapat bintik-binti atau tidak rata, tidak mengalami pembengkakan pada tepi gusi, dan gusi tidak gampang berdara.

Nah, untuk anda para orang tua, berikut kami berikan :

1. Jangan Biarkan Anak Tidur sambil Minum susu

Anak anda memiliki kebiasaan minum susu botol sebelum tidur? Jika iya, segeralah hentikan kebiasaan ini. Karena ini bisa menjadi kebiasaan yang akan merusak kesehatan gusi anak anda. Ketika sang anak minum susu dan kemudian tertidur, rasa manis dari gula akan menempel di mulut bayi anda. dan inilah yang menjadi vbiang kenapa gusi anak anda rusak.

2.  Tidak Menambahkan Gula Pada Susu

Sangat tidak disarankan seorang anak mendapat gula tambahan yang berlebih. Termasuk pada bayi.  Hal ini dilakukan agar sang anak terhindar dari berbagai masalah gusi dan gigi mereka. Selain itu, jika dari sejak dini sdah diperkenalkan dengan gula tambahan. Maka efek lainnya adalah sang anak akan mengalami  obesitas dan juga bisa memunculkan diabetes pada usia dini.

3.  Rutin Membersihkan gusi bayi

Membersihkan gusi pada bayi, haruslah rutin dilakukan orang tua. Hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan sebuah kain halus. Caranya membersihkannya sangatlah mudah, anda cukup mengambil kain halus lalu basahilah kain tersebut dengan air hangat. Kemudian, balutlah kain tadi ke ibu jari anda. Ini bisa anda lakukan setelah sang anak selesai makan atau anda bisa merutinkan 2x sehari seperti jadwal anda membersihkan gigi yaitu pada pagi dan menjelang tidur

Nah itu tadi Tips Merawat Gusi Pada Bayi. Ingat, menjaga kebersihan gusi sejak dini tentu akan membuat gigi anak anda lebih kuat dan juga anak anda pun tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top